Monday, June 13, 2011

Minum 2 Kaleng Minuman Manis Tiap Hari Bikin Lidah Mati Rasa

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Jakarta, Terlalu banyak mengonsumsi gula tidak dianjurkan karena banyak bahayanya. Menurut penelitian, minum 2 kaleng minuman yang mengandung gula secara rutin tiap hari bisa membuat saraf-saraf di lidah mengalami mati rasa hanya dalam 4 pekan.

Kemampuan lidah dalam mengecap rasa, khususnya rasa manis akan berkurang drastis. Akibatnya konsumsi gula dalam makanan atau minuman manis makin tidak terkontrol, lalu lama kelamaan bisa memicu diabetes karena kadar gula di dalam darah meningkat.

"Seperti yang kita tahu, dalam kondisi tertentu kemampuan lidah mengecap rasa bisa berubah. Tapi bahwa 2 kaleng minuman bergula bisa mengubahnya adalah temuan yang mengejutkan," ungkap Lucy Donaldson dari University of Bristol seperti dikutip dari Guardian, Senin (13/6/2011).

Untuk penelitian tersebut, Donaldson melibatkan sejumlah relawan yang dalam kesehariannya tidak terlalu sering mengonsumsi gula. Selama sebulan, para partisipan dikondisikan untuk minum sebanyak 2 kaleng minuman manis secara rutin setiap hari.

Di akhir penelitian, Donaldson mengukur sensitifitas lidah dalam mengecap rasa. Kemampuannya mengecap rasa asin, pahit dan asam tidak berubah, namun terhadap rasa manis ternyata lidah mengalami perubahan dramatis sehingga relawan cenderung ingin mengonsumsi lebih banyak gula.

Dr Hans-Peter Kubis dari University of Bangor yang juga terlibat dalam penelitian tersebut mengatakan, perubahan ini bisa memberi dampak buruk bagi kesehatan. Berkurangnya toleransi lidah terhadap rasa manis berisiko menyebabkan konsumsi gula tidak terkontrol.

"Kita mengahadapi bencana kesehatan dengan makin meningkatnya jumlah penderita obesitas dan diabetes. Penelitian ini memberi cukup bukti bahwa konsumsi makanan atau minuman bisa menciptakan lingkaran setan. Banyak gula mengurangi sensitivitas lidah, akibatnya konsumsi gula jadi makin banyak lagi," ungkap Dr Peter-Kubis.

0 comments:

Post a Comment

sabar ya, komentar anda akan kami moderasi terlebih dahulu. laporkan kepada kami apabila ada post yang masih berbentuk kiri ke kanan. nuhun