Wednesday, December 7, 2011

TVRI


Televisi sebagai alat komunikasi bergambar, merupakan alat yang efektif bagi penyebaran informasi kepada publik. TVRI yang diresmikan tanggal 24 Agustus 1962 pada tahun 2004 telah berusia 42 tahun, merupakan penyedia informasi gambar dan suara yang tertua di Indonesia.
Persaingan di bidang industri penyiaran televisi semakin kompetitif. Sejalan dengan perkembangan ilmu teknologi dan regulasi dibidang penyiaran.

Pertumbuhan industri penyiaran televisi swasta di Indonesia dimulai tahun 1990, dan terus berkembang setelah Indonesia memasuki era reformasi, pertumbuhan lembaga-lembaga penyiaran swasta ini tentunya harus dihadapi dan di antisipasi oleh semua insan TVRI. Pola kerja yang efesien dan efektif di beberapa lembaga penyiaran swasta merupakan unsur yang dapat dijadikan motivasi dan pembanding untuk terus mengembangkan TVRI. Analisa SWOT (Kekuatan, Kelemahan, peluang dan tantangan ) yang telah dilakukan TVRI merupakan modal dasar yang dipahami dapat dijadikan motivasi dalam rangka pencapai tujuan.

Visi TVRI “Unggul dalam industri penyiaran di Indonesia” merupakan cita-cita yang relevan bagi stasiun penyiaran televisi tertua di Indonesia. Perumusan Misi TVRI yang mencerminkan “future” dapat dijadikan dasar pelaksanaanya. Berhasil tidaknya itu semua tergantung kepada kesiapan manusianya.

UU No 32 Tahun 2002 tentang penyiaran, perkembangan lembaga penyiaran republic, dan perubahan status TVRI merupakan alasan mengapa perkembangan organisasi, perubahan berencana, efektivitas kerja serta rancangan rencana kerja yang mengedepankan aspek transparasi merupakan hal yang utama dalam usaha menjawab tantangan kedepan.

Oleh : Yeni Fatimah

0 comments:

Post a Comment

sabar ya, komentar anda akan kami moderasi terlebih dahulu. laporkan kepada kami apabila ada post yang masih berbentuk kiri ke kanan. nuhun