Thursday, December 8, 2011

Variasi Latihan Lebih Efektif Membakar Kalori

KOMPAS.com - Jika Anda sudah mulai mengenal bentuk-bentuk latihan fitness yang bisa dilakukan sendiri di rumah, tentu olahraga mulai terasa mengasyikkan buat Anda. Anda tidak perlu membuang uang untuk menjadi member di pusat kebugaran. Agar latihan semakin efektif, ikuti beberapa tips dari personal trainer para selebriti Hollywood ini.

Tidak cukup hanya latihan kardio
Ramona Braganza, personal trainer yang kliennya antara lain Jessica Alba, Halle Berry, dan Kate Beckinsale, mengatakan bahwa salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan perempuan saat fitness adalah hanya melakukan latihan kardio. “Hal itu menyebabkan Anda terlihat 'skinny fat', terlihat kurus tapi tubuh tidak berbentuk," katanya.
Agar tubuh Anda lebih shape, lakukan latihan kekuatan seperti squat dan lunge dua kali seminggu (gunakan juga dumbbell). Hal ini akan membentuk otot-otot yang lebih ramping, sekaligus mendorong metabolisme Anda.

Tidak perlu angkat beban untuk membentuk badan
Artinya, latihan Anda tak perlu terhalang hanya karena tidak ada peralatan yang ada di pusat kebugaran seperti resistance machine. Anda juga bisa mendapatkan hasil yang sama dengan menggunakan berat tubuh Anda sendiri sebagai daya tahan, demikian menurut Jackie Warner, trainer dari acara Bravo’s Work Out.

Contohnya, push-up
Push-up merupakan salah satu contoh latihan daya tahan menggunakan tubuh Anda sendiri. “Push-up yang benar melatih otot-otot pusat dan tubuh bagian atas. Gerakan ini membentuk dada, punggung, pundak, lengan, dan perut sekaligus," kata Warner.
Untuk melakukan push-up dengan benar, letakkan kedua tangan di lantai lurus di bawah pundak, dan regangkan kedua kaki di belakang Anda. Tarik, atau kunci perut Anda ke dalam, lalu tahan tubuh Anda dalam garis lurus dari kepala hingga tumit. Perlahan turunkan tubuh Anda, siku menekuk ke atas (bukan ke samping), lalu angkat kembali. Meskipun Anda tidak sanggup melakukannya 10 kali, Anda tetap mendapat manfaatnya, lho.

Jeda memberi hasil yang cepat
Mengubah 1 atau 2 menit latihan kardio (entah itu bersepeda, jogging, atau aerobik) dengan kecepatan Anda yang biasa dengan 1 atau 2 menit dengan kecepatan lebih, akan membakar lemak lebih cepat daripada latihan yang biasa. Untuk hasil yang lebih besar lagi, Braganza menyarankan latihan dengan jeda, yang mengkombinasikan latihan kekuatan dan kardio. Misalnya, lakukan 10 menit kardio, lalu 3 atau 4 gerakan latihan kekuatan seperti lunge atau bicep curls (melatih otot lengan depan dengan dumbbell). Ulangi dua kali lagi, maka Anda sudah melakukan latihan seluruh tubuh selama 1 jam.

Energy drink hanya untuk latihan yang berat
Kecuali Anda berlatih cukup berat, sebaiknya tak usah mengonsumsi minuman berenergi. “Saya punya seorang klin yang bisa meminum beberapa botol energy drink selama 1 jam latihannya," ungkap Teddy Bass, trainer Cameron Diaz, Lucy Liu, dan Christina Applegate. “Akhirnya saya bilang, 'Anda mungkin sudah membakar 400 kalori bersama saya, tapi Anda baru saja minum 500 kalori."
Jadi, jika Anda hanya berlatih selama 1 jam-an, minum saja air putih biasa.

Variasi latihan lebih efektif menurunkan bobot
“Tubuh kita itu sangat pintar, karena bisa menyesuaikan diri dengan rutinitas latihan dalam enam minggu. Jadi, Anda harus mengubah-ubah latihannya," kata Warner. Anda tidak harus melakukan rutinitas latihan yang benar-benar baru agar selalu melihat hasil yang memuaskan. Hal-hal kecil seperti mengubah urutan latihannya juga cukup membantu.

0 comments:

Post a Comment

sabar ya, komentar anda akan kami moderasi terlebih dahulu. laporkan kepada kami apabila ada post yang masih berbentuk kiri ke kanan. nuhun