Thursday, December 8, 2011

Langkah Memulai Latihan Kardio

KOMPAS.com - Latihan kardio adalah latihan dengan aktivitas yang meningkatkan detak jantung ke suatu level saat Anda bergerak dan berlatih, tapi masih bisa berbicara. Latihan kardio bisa membantu tubuh lebih sehat, melatih stamina, sekaligus mencapai berat tubuh yang diinginkan. Sebelum memulai latihan kardio secara rutin, perhatikan hal-hal berikut:

1. Mulai latihan
Perjalanan dari yang tidak biasa berolahraga hingga menciptakan rutinitas olahraga, bisa amat sangat melelahkan. Salah satu cara terbaik untuk mulai berolahraga adalah dengan berlatih kardio. Latihan kardio merupakan kegiatan fisik yang membuat jantung berdetak lebih kencang, membuat tubuh berkeringat, membuat pergelangan pada tubuh bergerak, sekaligus melatih sistem kardiovaskuler. Untuk memulainya, cobalah untuk menuliskan apa saja aktivitas olahraga yang Anda sukai dan ingin coba lakukan.

2. Pilih yang terfavorit
Perhatikan aktivitas-aktivitas yang Anda tulis dan coba rencanakan kegiatan olahraga yang ingin Anda coba. Kunci untuk menciptakan latihan kardio yang rutin adalah dengan memilih aktivitas yang disukai. Jika Anda tak menyukai suatu latihan, seperti berlari, Anda akan cenderung meninggalkannya, bahkan tak dimulai sama sekali. Ketika dalam keadaan ragu, berjalan kaki adalah cara termudah dan termurah untuk mulai membiasakan diri berolahraga.

Mulailah dengan berjalan kaki setidaknya 15 menit per hari di minggu pertama, 20 menit di minggu kedua, dan terus meningkat seiring berjalannya waktu. Studi menunjukkan bahwa dengan beraktivitas 30 menit 5 hari per minggu, bisa mengurangi kemungkinan terkena penyakit, kurangnya kesehatan, dan obesitas.

3. Buat jadwalnya
Seharusnya, setiap orang bisa menyisihkan waktu untuk kegiatan fisik, namun yang terpenting adalah membuat jadwal dan menjadikannya hal yang rutin. Berjuanglah untuk membuat "janji" berlatih selama seminggu, bahkan jika Anda hanya memiliki waktu 10 menit saja pun, sudah cukup. Studi menunjukkan, bahwa efek akumulatif dari latihan kardio bisa amat bermanfaat bagi kesehatan. Selama latihannya meningkatkan detak jantung dan menantang gerak tubuh secara efektif. Ini berarti, meski Anda hanya memiliki 10 menit untuk berlatih di pagi hari, cobalah untuk berkeringat di pagi hari itu.

4. Variasikan
Cross-training terbukti bisa membantu latihan olahraga tidak mencapai plateau (stagnasi), sekaligus mencegah kebosanan. Cobalah untuk melakukan latihan yang berbeda dan Anda ingin coba, dan rotasikan. Misal, hari Senin mengendarai sepeda, hari Selasa berenang, hari Rabu menari, hari berikutnya joging, dan sebagainya. Ada banyak latihan kardio yang bisa Anda coba untuk membantu Anda tetap bergerak tanpa bosan.

5. Setiap gerakan berpengaruh
Berjuanglah untuk mencari cara agar bisa melatih kardio Anda. Entah itu dengan berjalan kaki menuju kantor, membeli sepeda agar bisa ke warung dengan sepeda di sore hari, atau naik-turun tangga di rumah atau kantor. Apa pun itu, upayakan untuk tetap beraktivitas dan bergerak. Karena semua gerakan ini akan memengaruhi kesehatan Anda di masa depan.

0 comments:

Post a Comment

sabar ya, komentar anda akan kami moderasi terlebih dahulu. laporkan kepada kami apabila ada post yang masih berbentuk kiri ke kanan. nuhun