Thursday, December 8, 2011

Fruktosa Picu tekanan Darah Tinggi

Tak hanya bikin kadar gula darah melonjak, fruktosa juga bisa tingkatkan tekanan darah.

VIVAnews — Anda harus semakin hati-hati mengonsumsi makanan manis, sirup atau minuman bersoda. Hal itu karena tidak hanya memicu tingginya kadar gula dalam darah tetapi juga bisa meningkatkan tekanan darah.

Fruktosa yang terdapat pada banyak makanan dan minuman manis, menurut penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari University of Colorado Denver Health Sciences Center, bisa memicu tekanan darah tinggi. Peneliti juga menemukan hubungan antara konsumsi fruktosa dengan obesitas.

Penelitian tersebut melibatkan 4.528 orang dewasa yang tidak memiliki riwayat penyakit darah tinggi. Jumlah konsumsi fruktosa para responden diteliti dan yang mengonsumsi lebih dari 74 gram per hari, tekanan darah tingginya meningkat antara 28% hingga 87%

“Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa konsumsi fruktosa yang tinggi, dapat meningkatkan tekanan darah secara signifikan. Dan, hal itu terjadi pada orang-orang yang tidak memiliki riwayat darah tinggi," kata Dr. Diana Jalal, salah satu peneliti, seperti vivanews kutip dari HealthDay, Rabu, 3 November 2009.

Diana juga mengungkapkan dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui sejauh apa pembatasan konsumsi fruktosa berpengaruh pada penurunan tekanan darah. Hal itu untuk mengetahui apakah mengurangi konsumsi fruktosa bisa berefek pada penurunan tekanan darah secara signifikan.

Petti Lubis, Mutia Nugraheni

0 comments:

Post a Comment

sabar ya, komentar anda akan kami moderasi terlebih dahulu. laporkan kepada kami apabila ada post yang masih berbentuk kiri ke kanan. nuhun