Thursday, February 18, 2010

Makin Jelas, Ponsel Bahayakan Kesehatan!

Budi Winoto

INILAH.COM, Jakarta - Studi terbesar akhirnya makin mempertegas penggunaan ponsel bisa menyebabkan kanker. Peneliti Interphone researcher mengumpulkan dan menganalisa 6.400 pasien tumor di 13 negara. Mungkin 3 milar pengguna ponsel, perlu untuk kembali menggunakan telepon rumah.

Peneliti di Israel yang bergabung di Interphone menemukan, orang yang menggunakan ponsel secara rutin, 50% lebih berpotensi mengidap tumor otak dibandingkan yang tidak.

Termasuk dalam penelitian di Interphone itu, analis dari Inggris, Denmark, Norwegia, Swedia dan Finlandia yang melaporkan kenaikan 40% resiko menderita tumor bagi orang yang menggunakan ponsel. Pengaruh ini hanya untuk yang menggunakan ponsel lebih dari 10 tahun.

Untuk saat ini belum diketahui bagaimana ponsel menyebabkan kanker. Radiasi yang dipancarkan terlalu kecil untuk menyebabkan kerusakan genetik.

Tetapi beberapa ilmuwan yakin ponsel memiliki efek tidak langsung dimana menjadikan sel tidak terkontrol. Namun belum ada konsensus mengenai teori itu.

0 comments:

Post a Comment

sabar ya, komentar anda akan kami moderasi terlebih dahulu. laporkan kepada kami apabila ada post yang masih berbentuk kiri ke kanan. nuhun