Thursday, September 16, 2010

Inilah Ponsel yang Paling Merusak Lingkungan

Billy A Banggawan

INILAH.COM, Jakarta – O2 kembali mengeluarkan daftar ponsel yang paling tidak ramah lingkungan. Apakah ponsel Anda termasuk di dalamnya?.

Sistem peringkat O2 ini dikembangkan oleh para ahli di Inggris. Menurut riset O2, 44% konsumen mengatakan faktor lingkungan berpengaruh pada ponsel yang mereka pilih.

Nokia dan Sony Ericsson memiliki peringkat tinggi pada sistem ini. Sony Ericsson Elm berada pada puncak daftar handset terbaik dengan skor 4,3 dari 5.

LG bernasib kurang baik di mana 6 dari 10 ponsel mereka tidak ramah lingkungan, begitu pula dengan Palm Pre Plus, Samsung C3050 dan Sony Ericsson Satio.

Skor tersebut dibuat berdasarkan data yang diberikan pembuat handset dimulai dari bahan baku, kemasan yang digunakan untuk efisiensi energi, serta ketahanannya dan kemudahan daur ulangnya.

Handset akan mendapat nilai tambah jika memiliki fungsi ganda sebagai pemutar musik atau kamera yang akan mencegah orang membeli perangkat kedua.

Sistem peringkat ini juga memperhitungkan kinerja etis pabrikan dengan melihat standar tenaga kerjanya dalam rantai pasokan mereka, prinsip-prinsip lingkungan, serta dukungan program-program masyarakat.

O2 mengatakan pihaknya berharap sistem peringkat baru ini akan membantu menaikkan standar industri ponsel.

”Konsumen semakin sadar akan dampak sosial dan lingkungan dari teknologi yang mereka beli dan kami percaya transparansi produk semacam ini akan membantu memberdayakan mereka untuk membuat pilihan yang lebih hijau,” kata Ronan Dunne, chief executive O2 di Inggris.

Sepuluh teratas ponsel ramah lingkungan adalah Sony Ericsson Elm dengan skor 4,3 kemudian Nokia 6700, Nokia C7, Nokia 1800, Samsung GT-S8500, Sony Ericsson Zylo, Sony Ericsson Xperia mini Pro, Sony Ericsson mini mendapat skor 4, Sony Ericsson Vivaz Pro dan Nokia E500 mendapat skor 3,9.

Sepuluh teratas ponsel tidak ramah lingkungan adalah LG Etna dam Palm Pre Plus dengan skor 2,7 kemudian LG Chocolate, LG Cookie dan HTC HD2 mendapat skor 2,9, LG GT 350, LG GW 300 Etna 2 dan Samsung C3050 mendapat skor 3,1, sisanya LG GT 540 dan Sony Ericsson Satio mendapatkan skor 3,2.

0 comments:

Post a Comment

sabar ya, komentar anda akan kami moderasi terlebih dahulu. laporkan kepada kami apabila ada post yang masih berbentuk kiri ke kanan. nuhun