Thursday, September 16, 2010

Video Game Bantu Buat Keputusan Cepat

Billy A Banggawan

INILAH.COM, Jakarta – Bermain video game dapat melatih orang untuk membuat keputusan yang benar dengan lebih cepat, kata ilmuwan.

Peneliti dari University of Rochester menemukan bahwa orang yang senang memainkan game akan terasah tingkat sensitifitas mereka sehingga peka terhadap lingkungan di sekitar mereka.

Keuntungan ini tidak akan membuat gamer memainkan game dengan lebih baik, namun akan membuat kemampuan umum mereka meningkat. Kemampuan ini akan sangat membantu dalam kegiatan sehari-hari seperti menyetir, membaca tulisan kecil, tidak kehilangan jejak teman saat di keramaian dan memetakan sekeliling rumah.

Penulis Daphne Bavelier, Alexandre Pouget dan C. Shawn Green melaporkan bahwa video game secara tidak langsung dapat menyediakan latihan bagi regimen untuk mengasah reaksi mereka dalam menangani berbagai macam situasi.

Peneliti juga melakukan uji coba terhadap orang berusia 18-25 yang bukanlah seorang gamer. Kemudian peneliti membagi mereka menjadi dua kelompok.

Kelompok pertama memainkan game ‘Call of Duty 2’ dan ‘Unreal Tournament', dan sisanya memainkan game strategi lambat The Sims 2 selama 50 jam. Selama pelatihan, orang-orang ini diminta membuat keputusan cepat untuk beberapa tugas.

Dalam tugas itu, peserta diminta melihat layar dan menganalisa apa yang sedang terjadi kemudian menjawab pertanyaan sederhana yang diajukan. Untuk memastikan bahwa efek ini tidak hanya terbatas pada penerimaan visual, peserta juga diminta menyelesaikan tugas analog yang murni audio.

Hasilnya, gamer yang memainkan game aksi mengalami peningkatan 25% dalam kecepatan pengambilan keputusan dengan jawaban benar.

“Gamer aksi membuat keputusan lebih tepat setiap waktunya. Jika kalian adalah seorang dokter bedah atau sedang berada di tengah medan perang, maka hal ini dapat membantu membuat perubahan,” kata Bavelier.

0 comments:

Post a Comment

sabar ya, komentar anda akan kami moderasi terlebih dahulu. laporkan kepada kami apabila ada post yang masih berbentuk kiri ke kanan. nuhun