Thursday, September 16, 2010

Wow! Ponsel Sekarang Gunakan Suara Sebagai Tenaga

Billy A Banggawan

INILAH.COM, Jakarta – Para ilmuwan telah menemukan teknologi baru yang bisa mengubah suara menjadi listrik. Jadi semakin banyak Anda bicara, semakin lama baterai akan bertahan.

“Kekuatan suara dapat digunakan dalam berbagai penggunaan termasuk mengisi baterai ponsel selama Anda melakukan percakapan,” kata Young Jun Park dan Sang-Woo Kim, penulis artikel ini seperti dikutip INILAH.COM dari MSNBC.

Ilmuwan Korea ini berhasil mengubah bahan utama losion kalamin menjadi material kecil yang dapat mengubah gelombang suara menjadi listrik. Dipadukan dengan zinc oksida, Young Jun Park, Sang-Woo Kim dan rekan berhasil menciptakan bidang nanowire di antara dua elektrodanya.

“Seiring orang berbicara, sinyal suara akan diubah menjadi listrik,” kata Young Jun Park dan Sang-Woo kim. Peneliti menguji dengan menembakkan gelombang suara 100 decibel dan gelombang itu berhasil diubah menjadi listrik 50 minivolt.

Ponsel biasa membutuhkan beberapa volt untuk beroperasi. Kebutuhan ini dapat dipenuhi alat ini dalam beberapa kali usaha.

0 comments:

Post a Comment

sabar ya, komentar anda akan kami moderasi terlebih dahulu. laporkan kepada kami apabila ada post yang masih berbentuk kiri ke kanan. nuhun