Friday, October 28, 2011

Bosan Pertanda Otak Aktif

Merasa bosan? Jangan khawatir, itu tandanya otak Anda sedang sangat aktif dan mencoba menata ulang respons terhadap dunia luar. Dalam makalahnya di The Cambridge Journal of Education, Teresa Belton dan Esther Priyadharsini, dua pakar dari East Anglia University, Inggris, mengatakan kebosanan merupakan emosi manusia yang bisa menjadi pusat belajar dan kreativitas.
Menurut mereka, rasa bosan itu muncul karena otak tidak lagi melihat adanya sesuatu yang baru dan berguna dari lingkungan, orang, peristiwa, atau suatu bacaan. "Jika kondisi eksternal dan internal mendukung, kebosanan itu bisa mendorong seseorang untuk memberikan respons yang lebih kreatif," ujar Belton.

Sebagai bukti ia menunjukkan suatu hasil penelitian sejumlah orang yang harus menjawab sejumlah pertanyaan. Peserta yang diberi jawaban langsung merasa kelelahan. Sementara itu, yang diberi tambahan waktu, mampu menghasilkan solusi-solusi yang lebih kreatif.

0 comments:

Post a Comment

sabar ya, komentar anda akan kami moderasi terlebih dahulu. laporkan kepada kami apabila ada post yang masih berbentuk kiri ke kanan. nuhun