Friday, October 28, 2011

Stres Saat Hamil dan Anak Alergi

Ibu hamil yang stres akan melahirkan bayi yang berisiko tinggi terkena alergi. Hal itu diungkapkan Dr Rosalinda Wright dari Harvard Medical School di Boston.
Wright dan kolega mengamati 1.000 perempuan hamil di Selandia Baru selama kurun waktu tertentu. Hasilnya, mereka menemukan perempuan yang stres semasa hamil akan melahirkan bayi dengan kadar immunoglobulin E (IgE) tinggi.

IgE berperan penting dalam pengembangan respons alergi. Namun, jika kadarnya berlebihan, bisa merusak tubuh. Reaksi berlebihan terjadi jika jumlah zat antibodi IgE dalam tubuh melampaui batas normalnya.

Pada kondisi normal, jumlah IgE 200. Namun, pada ibu hamil yang stres, kadar IgE bayi yang dilahirkan lebih dari 200, bahkan mendekati 1.000.

Dengan jumlah berlebih, IgE mudah berikatan satu sama lain, menyebabkan sel pecah, dan zat-zat kimia termasuk histamin, yaitu zat yang menimbulkan alergi, akan keluar.

0 comments:

Post a Comment

sabar ya, komentar anda akan kami moderasi terlebih dahulu. laporkan kepada kami apabila ada post yang masih berbentuk kiri ke kanan. nuhun