Wednesday, December 7, 2011

anak dan kemampuannya


Kita lihat pola dari si anak itu, pada usia dibawah sampai dengan 10 tahun merupakan saat yang paling bagus untuk belajar. Pada saat itu dia mencontoh dan mencoba mempelajari hal-hal baru terutama yang menurut dia aman dan enak.
Selepas dari 10 tahun keatas, maka sel-sel otaknya akan banyak yang mati lalu tersisa hanya sel-sel yang sering dia latih atau dipergunakan.

Pada saat usianya masih dibawah 10 tahun itu, mereka belum bisa terfokus pada suatu tujuan tertentu dan sebaiknya juga diberi kebebasan untuk mencoba tetapi tetap dalam pengarahan kita. Hal ini bisa dimulai dengan memberi banyak permainan dan juga variasi permainan atau memberikan informasi hal-hal baru bagi anak.

Setelah usia anak beranjak dari 10 tahun maka mulailah dengan penjurusan ilmu dari apa yang telah dipelajarinya dan juga aplikasinya.
Anak menjadi seorang pengusaha itu tidak hanya dalam pengertian menjual barang orang, tapi dia harus bisa membuat produk baik itu jasa dan benda. Setelah semua itu telah mereka miliki, yaitu:
1. ilmu
2. produk dari hasil kemampuan sendiri
3. pengetahuan mengenai bisnis

Baru disanalah pendidikan lepas dari sekolah tetapi jalur komunikasi dan diskusi tetap bisa di jalankan.

Kalau yang pernah aku dengar yaitu pendidikan di negara maju itu pada usia dibawah 10 tahun cuman ada 4 yaitu matematika, pengetahuan alam, bahasa inggris dan olahraga. Dan mereka itu mempelajari pelajaran itu dari pagi hingga sore. Berbeda dengan kita dimana usia segitu itu disuguhkan dengan 10 mata pelajaran lalu hanya belajar sekitar 5 jam.
Sudah itu kita paksa pula anak itu untuk ikut les, sedangkan kondisi psykologis anak itu tidak mendukung kesitu. kenapa? mereka masih ingin main.
Akhirnya, jika masa kecil anak itu kurang di dukung maka udah besarnya nanti dia akan mulai mencari apa yang telah hilang.

semog bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

sabar ya, komentar anda akan kami moderasi terlebih dahulu. laporkan kepada kami apabila ada post yang masih berbentuk kiri ke kanan. nuhun