Wednesday, December 7, 2011

mobil sebagai cobaan


Apa bedanya mobil kita dengan bombongkar‭?
keduanya memiliki roda,‭ ‬setir,‭ ‬berjalan,‭ ‬kita duduk disitu tapi bedanya bombongkar itu pake koin dan mobil itu pake pematik api‭ "‬starter‭" ‬dan mahal pula. Kita sering bangga dengan mobil yang kita kendarai.‭ ‬Kita duduk disana melihat orang berjalan.‭ ‬Berkendara dengan penuh musik‭ ‬dan kenyamanan.‭ ‬Mobil dipake untuk pulang kampung sebagai tanda kita sudah mampu.‭ ‬Berjalan-jalan keliling kota dan banyak lagi tapi dimanakah ibadah yang kita lakukan dengan mobil itu‭?

Pada saat kita beli mobil saja pernahkah kita terfikir ibadah apa yang bakal kita kerjakan dengan mobil itu. Anggaplah mobil kita bagus atau satu-satunya alias antiq maka kita cuci mobil itu dan menjaganya.‭ ‬Kita berlaku demikian karena takut mobil kita hilang,‭ ‬keindahannya hilang dan apabila catnya lecet atau tergores maka harus di cat ulang dengan biaya yang mahal.

Coba fikirkan ayat AL quran dibawah ini:

Dan ketahuilah,‭ ‬bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai cobaan dan sesungguhnya di sisi Allah-lah pahala yang besar. An Anfaal‭ ‬:‭ ‬28

Kita punya mobil itu merupakan suatu cobaan,‭ ‬cobaan itu suatu musibah.‭ ‬Kenapa kita tidak mengatakan‭ ‬"Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji`uun‭" ?

kita sering sekali menjadi budak dari harta kita.‭ ‬Kita dikuasai harta bukan harta yang kita kuasai.‭ ‬Kecintaan kita membuat kita melakukan hal-hal yang berlebihan dan tidak memiliki nilai ibadah.‭ ‬Kalau saja kita menyadari bahwa itu merupakan suatu cobaan maka bagaimana kita memperingan cobaan kita itu saat dimintai pertanggung jawaban oleh Allah SWT‭?

gunakan untuk kemasalahatan umat,‭ ‬seperti pakai untuk kerja,‭ ‬mengantar orang lain,‭ ‬dan hal-hal lain tanpa melihat untung dan rugi.‭ ‬Kita akan sangat merugi jikalau mobil itu hanya sebagai status.‭ ‬Setiap pagi hanya dipakai untuk memanaskan mesin.‭ ‬Adapula beberapa tokoh negara kita yang mengkoleksi mobil mewah jadi dimanakah ibadahnya‭?

Bagaimana tanggung jawab kita dihadapan ALlah SWT‭?

0 comments:

Post a Comment

sabar ya, komentar anda akan kami moderasi terlebih dahulu. laporkan kepada kami apabila ada post yang masih berbentuk kiri ke kanan. nuhun