Wednesday, December 7, 2011

PDU


Selain perintah ATCommand ada satu hal lagi yang harus kita ketahui pada pembuatan aplikasi ini yaitu PDU (Protocol Data Unit), PDU yaitu paket data dimana pesan SMS dikemas bersama informasi tanggal, nomor tujuan, nomor pengirim, nomor operator, jenis skema SMS, masa valid SMS dan beberapa informasi lainnya (terghantung jenis paketnya).

Setiap pengiriman SMS, baik dari HP menuju Operator atau sebaliknya, selalu menggunakan format PDU. Dan format PDU yang dibaca dari handphone dengan format PDU yang akan dikirimkan ke handphone adalah berbeda Sehingga jika kita akan mengirimkan SMS, maka kita harus Meng-convert terlebih dahulu isi SMS tersebut ke format PDU.

Begitu juga jika kita membaca sebuah isi SMS dari handphone, data yang kita terima dari handphone adalah berupa format PDU. Dan jika kita ingin mengetahui isi dari SMS tersebut kita harus meng-convert balik format PDU tersebut menjadi pesan teks/SMS.

Oleh : Yeni Fatimah

0 comments:

Post a Comment

sabar ya, komentar anda akan kami moderasi terlebih dahulu. laporkan kepada kami apabila ada post yang masih berbentuk kiri ke kanan. nuhun