Thursday, December 8, 2011

Orang tua yang meminta harta kepada anak

Orang tua yang meminta harta kepada anaknya baik itu untuk urusan mendesak atau tidak biasanya jika tidak di beri maka akan marah dan sumpah serapah atau membuka aib anaknya kepada orang lain.

Apakah prilaku itu dibenarkan? tentu tidak bukan.
Orang tua merasa berhak atas apa yang diperoleh oleh anaknya karena mereka yang sudah membesarkan, mendidik dari kecil hingga bisa sukses. Anak selalu jadi yang tersalahkan karena prilakunya ini dan anak itu di cap sebagai anak durhaka.


Sejauh mana peranan orang tua dalam mendidik anak?

Orang tua merasa mereka telah mendidik anak secara benar tapi kenyataan mereka hanya memasukkan anak kedalam instansi pendidikan yang cenderung jauh dari agama dan mereka menjadi manusia yang kurang didikan bukan kurang ajaran.

Anak selalu diajarkan untuk nurut kepada keinginan orang tua, lalu instansi pendidikan membuat anak nurut pada kurikulum sedangkan anak itu sendiri mereka punya keinginan dan kemampuan yang berbeda dari mereka itu semua tapi apakah mereka mendengarkan atau mereka hanya ingin mendengarkan apa yang mereka inginkan?

WAJAR jika anak akan jadi kurang didikan sehingga mereka akan mengacuhkan orang tua, bicara tidak sopan, sentak dan marahin orang tua.

WAJAR jika anak jadi individualisme, egois, mendahulukan ego, SELF SERVICE, bangga dan sombong karena siapa? ORANG TUA

WAJAR jika orang tua memetik apa yang dia tanam.

Untuk mengajarkan seseorang atau anak kecil ilmu itu mudah tidak lebih dari 1 menit tergantung juga sih pada banyaknya hanya untuk mendidik seseorang atau anak untuk menguasai 1 ilmu sederhana sedalam mungkin butuh seumur hidup seorang pengajar atau minimal sampai mereka bisa mendalaminya sendiri tanpa harus dibantu seorang pendidik atau pendamping.

Pendidikan apa sih yang harusnya tertanam di benak anak?
Pendidikan agar mereka menurut kepada Allah SWT dengan menjadi diri mereka sendiri.
Kalau anak itu kita ajarkan bahwa dia harus memberikan uang dan menyenangkan orang tua maka orang tua itu berhasil menjadikan anaknya sebagai budak penghasil uang tapi anak tidak akan peduli kepada oarng lain.

Kalau anak itu kita ajarkan bahwa dia harus memberikan uang untuk menolong orang lain maka orang tua itu berhasil menjadikan anaknya sebagai orang yang baik selalu menolong dan akan berdampak juga jika orang tuanya kesusahan maka anak itu akan menolong mereka tapi anak itu belum tentu akan menjalankan kehendak Allah SWT.

Kalau anak itu kita ajarkan bahwa dia harus memberikan uang untuk menolong orang lain karena Allah memerintahkan kita untuk menolong sesama manusia atau bahwa harta dan anak itu ialah ujian atau manusisa itu tidak memiliki apapun semuanya adalah milik ALlah maka orang tua itu berhasil menjadikan anaknya sebagai orang yang baik selalu menolong dan juga bertakwa kepada Allah SWT akan berdampak juga jika orang tuanya kesusahan maka anak itu akan menolong mereka dan anak itu sudah tentu akan menjalankan kehendak Allah SWT.

Manakah dari ketiga pilihan itu yang anda ingin kerjakan atau anda memiliki pilihan anda sendiri silahkan pilih, hidup itu pilihan....

Pada level didikan maka ajaran - ajaran itu terus dilakukan perulangan dan juga di berikan pemahaman kalau tidak diberikan pemahaman maka itu merupakan suatu pendokrinan dan membuat anak itu sendiri lemah dalam pemikirannya dan mudah sekali mengikuti arus yang penting kesenangannya terpenuhi.

Posisi anak :
Jika kita tahu orang tua kita mengajarkan atau mendidik kita dengan sesuatu yang gak bagus maka kita tidak perlu menyalahkan mereka, kita kasih tahu informasinya tanpa harus memaksa mereka mengikuti apa yang kita mau. Ada jembatan di antara anak dan orang tua yaitu ego.

Salahkan saja diri kita sendiri kenapa selama ini kita
malaaaaaaas Berfikir, malaaaaaaas mengupdate otak, sayangkan otak yang begitu mahal di sia - siakan.

Kita usahakan pelajaran buruk yang menimpa kita cukup hanya kita saja yang mengalami dan pada generasi kebawahnya kita berikan yang terbaik untuk masa depan mereka.

0 comments:

Post a Comment

sabar ya, komentar anda akan kami moderasi terlebih dahulu. laporkan kepada kami apabila ada post yang masih berbentuk kiri ke kanan. nuhun