Thursday, December 8, 2011

ASI Kaya Lemak Esensial

KOMPAS.com — Referensi mana pun akan menunjukkan betapa ASI bermanfaat penuh untuk tumbuh-kembang bayi dan balita. ASI eksklusif selama minimum 6 bulan hingga 2 tahun memenuhi asupan lemak esensial atau pufa (lemak tak jenuh ikatan ganda).

Lemak baik ini penting untuk anak hingga usia 5 tahun agar pertumbuhannya lebih optimal, terutama untuk perkembangan otak yang memasuki masa optimal usia 0 hingga 3 tahun.

Dokter spesialis gizi klinik, dr Fiastuti Witjaksono, MS, SpGK, mengutarakan bahwa ASI mengandung lemak esensial cukup, sekitar 10 persen dari total 30 persen asupan lemak setiap harinya.

"ASI itu sendiri sudah mengandung lemak esensial, namun ibunya juga harus mengonsumsi makanan yang memenuhi asupan pufa yang cukup," jelas dr Fia, saat media workshop yang diselenggarakan oleh Alchemy beberapa waktu lalu.

Selanjutnya diterangkan dr Fia, selepas menyusui dengan ASI eksklusif, anak usia 2 tahun ke atas mulai dioptimalkan dengan makanan mengandung pufa.

"Anak usia 6 bulan hingga 2 tahun sebenarnya sudah dikenalkan makanan pendamping selain ASI. Selama ASI, asupan lemak esensial masih terpenuhi. Namun, lewat usia dua tahun, konsumsi asupan omega-3 dan omega-6 yang mengandung lemak esensial harus lebih optimal," jelas dr Fia.

0 comments:

Post a Comment

sabar ya, komentar anda akan kami moderasi terlebih dahulu. laporkan kepada kami apabila ada post yang masih berbentuk kiri ke kanan. nuhun