Wednesday, December 7, 2011

Glycogen-Lactic Acid System (Anaerobic Respiration)


Otot-otot juga mempunyai cadangan besar carbohydrate yang kompleks yang dinamakan Glycogen. Glycogen adalah rantai molekul glucose. Sel membelah glycogen jadi Glucose. Kemudian sel menggunakan metabolisme anaerobic (anaerobic artinya "tanpa oxygen") untuk membuat ATP dan produk lain yaitu Lactic Acid dari glucose. Sekitar 12 reaksi-reaksi kimia dilibatkan untuk membuat ATP didalam proses ini, sehingga akan mensupply ATP di tingkat yang lebih lambat dari system phosphagen.

System dapat tetap bekerja dengan cepat dan memproduksi ATP yang cukup bertahan selama sekitar 90 detik. System ini tidak membutuhkan oxygen, dimana hal ini mudah karena menyebabkan jantung dan paru-paru selama beberapa waktu bekerja bersama-sama. Ini mudah juga karena kontraksi otot yang cepat akan meremas / menekan pembuluh darahnya, sehingga menghabiskan darah yang sangat kaya oxygen. Ada batasan pasti untuk pernapasan anerobic respiration karena lactic acid. Acid (asam) inilah yang menyebabkan otot kita sakit. Lactic acid terbuat dijaringan otot dan menyebabkan kelelahan dan rasa sakit yang kita rasakan di otot yang bekerja.

Oleh : Edward Christian

0 comments:

Post a Comment

sabar ya, komentar anda akan kami moderasi terlebih dahulu. laporkan kepada kami apabila ada post yang masih berbentuk kiri ke kanan. nuhun