Thursday, December 8, 2011

Cara Mendidik Anak Jadi Anak Manja

Assalamu'alaikum kawan-kawan,

Apakah kawan-kawan sudah tahu bagaimana cara yang sangat efektif mendidik anak agar menjadi anak manja?

Berikut ini adalah cara-cara yang sangat efektif. Efektifitasnya akan lebih tinggi jika semua hal dipraktekkan. Sebaliknya efektifitasnya akan semakin rendah jika hanya satu poin saja yang dilakukan. Jika efektifitasnya rendah atau nol besar, kemungkinan besar anak akan jadi anak yang tangguh, ulet dan tidak mudah putus asa.

1. Anak tidak pernah salah.
Jika anak melakukan kesalahan, lihat kembali nomer satu. Segera salahkan benda lain atau orang lain. Jika dia terjatuh, salahkan lantai. Jika dia terantuk meja, meja yang salah. Jika dia bertengkar dengan kakaknya lalu menangis, sudah pasti kakaknya yang salah. Hal ini sangat penting untuk melatih anak untuk ahli mencari kambing hitam sejak kecil.

2. Segera tenangkan tangisnya.
Jika anak anda menangis, bersegeralah datang padanya. Tergopoh-gopohlah. Jika anda berada cukup jauh dari dia, berlarilah menghapirinya hingga nafas anda yang terengah-engah terdengar jika perlu. Hal ini sangat penting untuk mengajarkan dia bahwa tangisan adalah senjata utama untuk hidup dan mengendalikan orang tuanya..

3. Mudahkan segala sesuatu baginya.
Jika dia mengeluhkan sesuatu, segera beri kemudahan. Misalnya jika dia merasa lelah berjalan ke rumah temannya di sebelah rumah, gunakan kendaraan. Jika dia kesulitan menggunakan sendok dan garpu, suapi dia. Jika dia masih belum bisa berjalan, gunakan baby-walker. Jika dia sulit memejamkan mata untuk tidur, segera gendong lalu ditimang-timang. Ajarkan dia untuk hanya terima jadi sejak kecil.

4. Jangan biarkan tangisnya menjadi tantrum.
Tantrum adalah tindakan mengamuk sambil menangis dan berteriak-teriak, bahkan menjerit-jerit. Jika dia menangis lalu mulai berubah menjadi tantrum, segeralah penuhi tuntutannya. Buat dia yakin bahwa menangis dan berteriak akan membuat orang lain segera melakukan keinginannya.

5. Tunjukkan pada anak bahwa anda merasa malu dilihat orang jika dia tantrum di depan umum.
Seringkali anak akan menuntut dibelikan mainan atau jajanan ketika diajak ke supermarket atau tempat umum lain. Jika keinginannya tidak dipenuhi, dia akan mulai tantrum dengan menangis lalu mulai menjerit-jerit. Tunjukkan bahwa anda merasa malu dilihat orang lain. BIla perlu katakan padanya, "Ade, malu tuh dilihat orang." Tunjukkan bahwa kelemahan anda adalah rasa malu di depan banyak orang.

Sejauh ini baru 5 poin yang dapat saya tuliskan. Jika saya sudah mengetahui cara berikutnya akan saya cantumkan sebagai update. Selamat mencoba. Semoga berhasil mencetak seorang anak yang luar biasa manja.

oleh Sandi Nugroho

0 comments:

Post a Comment

sabar ya, komentar anda akan kami moderasi terlebih dahulu. laporkan kepada kami apabila ada post yang masih berbentuk kiri ke kanan. nuhun