Monday, November 14, 2011

Pengukuran energy


Energy dapat diukur dalam joules atau calories. 1 Joule (J) diartikan besar energy yang digunakan ketika 1 kilogram (kg) materi digerakkan sejauh 1 meter (m) dengan daya kekuatan sebesar 1 Newton (N). 1 Calorie (cal) diartikan besar energy yang dibutuhkan untuk menaikan temperature 1 gram air dari 14.5 ke 15.5ºC. 1 calorie equivalent dengan 4.184 joules.

Besar energy yang dibutuhkan orang berbeda-beda dan bergantung pada basal metabolic rate (BMR) level aktivitas dan berat tubuh mereka. Basal metabolic rate artinya tingkat energy yang digunakan seseorang untuk menjaga fungsi-fungsi dasar tubuhnya, misal orang dewasa akan menggunakan sekitar 4.6 kJ (1.1 kcal) setiap menit. BMR is diukur ketika seseorang beristirahat penuh dan bervariasi. Bayi dan anak muda punya BMR tinggi yang proposional dengan ukuran mereka dalam pertumbuhan dan perkembangannya. Laki-laki biasanya punya BMR lebih tinggi dari perempuan karena laki-laki cenderung punya lebih banyak otot. Orang dewasa biasanya punya BMR lebih rendah dari yang muda karena jumlah ototnya cenderung berkurang seiring usia. The BMR dihitung dalam rata-rata untuk tiga perempat kebutuhan energy seseorang.

Total jumlah energy yang dibutuhkan seseorang tergantung pada level aktivitas dan berat badannya. Semakin aktif dan semakin berat mereka, semakin banyak energy yang mereka perlukan. Table dibawah menunjukkan contoh besar energy yang digunakan seseorang berusia 25 tahun dengan berat tubuh 65 kg dalam beberapa aktivitas.

Aktivitas sehari-hari Pengeluaran energy rata-rata

KJ/min Kcal/min

Duduk 6 1.4

Berdiri 7 1.7

Mencuci, memakai pakaian 15 3.5

Berjalan pelan 13 3

Berjalan cukup cepat 21 5

Berjalan naik tangga 38 9

Bekerja Ringan (aktivitas sehari-hari, golf) 10-20 2.5-4.9

Bekerja Menengah (tennis, jogging) 21-30 5.0-7.4

Bekerja Berat (lari lintas alam, sepakbola) >30 >7.5

Oleh : edward Christian

Note: Coba ukur tenaga anda dengan menggunakan potensiometer dalam ukuran kilo OHM
lalu peganglah kedua ujung kabel potensiometer lalu kejangkan tangan anda. Usahakan tangan anda tidak basah.

0 comments:

Post a Comment

sabar ya, komentar anda akan kami moderasi terlebih dahulu. laporkan kepada kami apabila ada post yang masih berbentuk kiri ke kanan. nuhun