Tuesday, November 15, 2011

Anda harus menemukan apa yang Anda cintai,

Ini adalah teks disiapkan dari alamat Dimulainya disampaikan oleh Steve Jobs, CEO Apple Computer dan Pixar Animation Studios, pada tanggal 12 Juni 2005.

Saya merasa terhormat berada bersama Anda hari ini pada dimulainya Anda dari salah satu universitas terbaik di dunia. Saya tidak pernah lulus dari perguruan tinggi. Sejujurnya, ini adalah saat terdekat saya merasakan suasana wisuda. Hari ini saya ingin menyampaikan tiga cerita pengalaman hidup saya. Itu saja. Bukan masalah besar. Hanya tiga cerita.

Cerita pertama adalah tentang menghubungkan titik-titik.

Saya drop out dari Reed College setelah 6 bulan pertama, tetapi kemudian tinggal sekitar sebagai drop-in selama 18 bulan atau lebih sebelum aku benar-benar berhenti. Jadi, mengapa saya drop out?

Ini dimulai sebelum saya lahir. Ibu kandung saya adalah seorang mahasiswi muda menikah, dan dia memutuskan untuk memberikan saya kepada seseorang untuk diadopsi. Dia merasa sangat kuat bahwa saya harus diadopsi oleh keluarga sarjana, jadi semuanya sudah siap bagi saya untuk diadopsi pada saat lahir oleh seorang pengacara dan istrinya. Kecuali bahwa ketika saya muncul keluar mereka memutuskan pada menit terakhir bahwa mereka benar-benar ingin bayi perempuan. Maka orang tua saya, yang ada di daftar urut berikutnya, mendapatkan telepon di tengah malam yang menanyakan: "Kami memiliki bayi laki-laki yang tak terduga, apakah Anda berminat?" Mereka berkata: "Tentu saja." Ibu kandung saya lalu mengetahui bahwa ibu saya tidak pernah lulus dari kuliah dan ayah saya tidak pernah lulus dari sekolah tinggi. Dia menolak untuk menandatangani surat adopsi akhir. Sikapnya baru melunak beberapa bulan kemudian, ketika orang tua saya berjanji akan menyekolahkan saya sampai perguruan tinggi.

Dan 17 tahun kemudian saya memang pergi ke perguruan tinggi. Tapi aku naif memilih universitas yang hampir sama mahalnya dengan Stanford, sehingga seluruh tabungan kelas pekerja orang tua saya-yang hanya habis untuk biaya kuliah saya. Setelah enam bulan, saya tidak bisa melihat nilai di dalamnya. Aku tidak tahu apa yang ingin saya lakukan dengan hidup saya dan bagaimana kuliah akan membantu saya menemukannya. Dan di sini saya sudah menghabiskan seluruh uang orang tua saya seumur hidup mereka. Jadi saya memutuskan untuk drop out dan percaya bahwa semuanya akan bekerja keluar OK. Itu cukup menakutkan pada saat itu, tapi melihat ke belakang itu adalah salah satu keputusan terbaik yang pernah dibuat. Menit Saya drop out saya bisa berhenti mengambil kelas-kelas yang diperlukan yang tidak menarik minat saya, dan mulai mampir pada orang yang tampak menarik.

Memang tidak semuanya romantis. Saya tidak punya kamar kos sehingga nebeng tidur di lantai kamar teman-teman ", aku kembali botol kokas untuk deposito ¢ 5 untuk membeli makanan, dan saya akan berjalan 7 mil melintasi kota setiap Minggu malam untuk mendapatkan satu yang baik makan seminggu di candi Hare Krishna. Aku menyukainya. Dan banyak yang saya temui saat itu karena mengikuti rasa ingin tahu dan intuisi, ternyata kemudian sangat berharga.

Biarkan saya memberi Anda satu contoh:

Reed College pada waktu itu menawarkan mungkin kaligrafi terbaik di negeri ini. Seluruh kampus setiap poster, setiap label di laci setiap, adalah tangan indah kaligrafi. Karena sudah DO dan tidak harus mengambil kelas normal, saya memutuskan untuk mengambil kelas kaligrafi untuk belajar bagaimana melakukan ini. Saya belajar tentang serif dan san serif tipografi, tentang memvariasikan jumlah spasi antara kombinasi huruf yang berbeda, tentang apa yang membuat tipografi yang hebat. Itu indah, bersejarah, artistik halus dalam cara bahwa ilmu pengetahuan tidak bisa menangkap, dan saya menemukan hal menarik.

Semua ini bahkan harapan dari setiap aplikasi praktis dalam hidup saya. Namun sepuluh tahun kemudian, ketika kami mendisain komputer Macintosh yang pertama, itu semua kembali kepada saya. Dan kami merancang itu semua ke dalam Mac. Ini adalah komputer pertama dengan tipografi yang indah. Seandainya saya tidak DO dan mengambil kelas kaligrafi, Mac tidak akan memiliki tipografi ganda atau font proporsional spasi. Dan karena Windows menjiplak Mac, kemungkinan bahwa tidak ada komputer pribadi yang akan memilikinya. Seandainya saya tidak DO, saya tidak akan pernah jatuh di kelas kaligrafi ini, dan komputer pribadi mungkin tidak memiliki tipografi yang indah yang mereka lakukan. Tentu saja mustahil untuk menghubungkan titik-titik itu sewaktu saya masih kuliah. Tapi itu sangat, sangat gamblang sepuluh tahun kemudian.

Sekali lagi, Anda tidak dapat menghubungkan titik-titik berharap, Anda hanya bisa melakukannya dengan merenung ke belakang. Jadi, Anda harus percaya bahwa titik-titik Anda bagaimana pun akan terangkai di masa mendatang. Anda harus percaya pada sesuatu - intuisi, takdir, hidup, karma, apapun. Pendekatan ini tidak pernah mengecewakan saya, dan itu telah membuat semua perbedaan dalam kehidupan saya.

Cerita kedua saya adalah tentang cinta dan kehilangan.

Saya beruntung - saya menemukan apa yang saya sukai sejak masih muda. Woz dan saya memulai Apple di garasi orang tua saya ketika saya berumur 20. Kami bekerja keras dan dalam 10 tahun Apple berkembang dari hanya kami berdua di garasi menjadi perusahaan 2 milyar dolar dengan 4000 karyawan. Kami baru meluncurkan produk terbaik kami - Macintosh - setahun sebelumnya, dan saya baru menginjak usia 30. Dan saya dipecat. Bagaimana mungkin Anda dipecat dari perusahaan yang Anda dirikan? Yah, seperti pertumbuhan Apple, kami merekrut orang yang saya pikir sangat berkompeten untuk menjalankan perusahaan bersama saya, dan untuk tahun pertama, semua berjalan lancar. Tapi kemudian visi kami mengenai masa depan mulai berbeda dan akhirnya kami sulit disatukan. Ketika kita melakukannya, Dewan Direksi berpihak padanya. Jadi di usia 30 saya keluar. Dan sangat terbuka keluar. Apa yang menjadi fokus seluruh kehidupan dewasa saya telah hilang, dan itu menghancurkan.

Aku benar-benar tidak tahu apa yang harus dilakukan selama beberapa bulan. Saya merasa bahwa saya telah membiarkan generasi sebelumnya pengusaha bawah - bahwa saya telah menjatuhkan tongkat seperti yang dilewatkan ke saya. Saya bertemu dengan David Packard dan Bob Noyce dan mencoba meminta maaf karena telah mengacaukan begitu buruk. Aku adalah publik yang gagal, dan bahkan berpikir untuk lari dari Silicon Valley. Tapi sesuatu perlahan mulai fajar pada saya - saya masih menyukai pekerjaan saya. Apa yang terjadi di Apple sedikit pun tidak mengubah sedikit pun. Saya telah ditolak, namun saya tetap cinta. Dan jadi saya memutuskan untuk memulai kembali.

Aku tidak melihatnya, tapi ternyata bahwa dipecat dari Apple adalah kejadian terbaik yang pernah bisa terjadi padaku. Beban berat sebagai orang sukses tergantikan oleh keleluasaan sebagai pemula lagi, kurang yakin tentang segalanya. Hal itu mengantarkan saya untuk memasuki salah satu periode paling kreatif dalam hidup saya.

Selama lima tahun berikutnya, saya memulai sebuah perusahaan bernama NeXT, perusahaan lain bernama Pixar, dan jatuh cinta dengan wanita istimewa yang kemudian menjadi istri saya. Pixar bertumbuh menjadi perusahaan yang menciptakan komputer film animasi pertama, Toy Story , dan sekarang merupakan studio animasi paling sukses di dunia. Dalam gilirannya peristiwa luar biasa, Apple membeli NeXT, dan saya kembali ke Apple, dan teknologi yang kami kembangkan di NeXT menjadi jantung bagi kebangkitan kembali Apple. Dan, Laurene dan saya memiliki keluarga yang luar biasa.

Aku cukup yakin semua ini akan terjadi bila saya tidak dipecat dari Apple. Obatnya memang pahit, namun sebagai pasien saya memerlukannya. Terkadang hidup hits Anda di kepala dengan batu bata. Jangan kehilangan iman. Saya yakin bahwa satu-satunya yang membuat saya terus berusaha adalah karena saya menyukai apa yang saya lakukan. Anda harus menemukan apa yang Anda sukai. Dan itu sebagai benar untuk pekerjaan Anda karena Anda adalah untuk pecinta. Pekerjaan Anda akan mengisi sebagian besar hidup Anda, dan satu-satunya cara untuk benar-benar puas adalah melakukan apa yang Anda yakini adalah pekerjaan besar. Dan satu-satunya cara untuk melakukan pekerjaan besar adalah mencintai apa yang Anda lakukan. Jika Anda memiliki belum menemukannya, teruslah mencari. Jangan menetap. Seperti dengan semua masalah hati, Anda akan tahu bila Anda telah menemukannya. Dan, seperti hubungan yang hebat, itu hanya akan lebih baik dan lebih baik sebagai tahun bergulir. Jadi, teruslah mencari sampai Anda menemukannya. Jangan menetap.

Cerita ketiga saya adalah tentang kematian.

Ketika saya berumur 17, saya membaca ungkapan yang kurang lebih berbunyi: ". Jika Anda hidup setiap hari seolah-olah itu adalah hari terakhirmu, maka suatu hari Anda akan paling pasti benar"Itu membuat kesan pada saya, dan sejak itu, selama 33 tahun terakhir, saya telah melihat di cermin setiap pagi dan bertanya kepada diri sendiri: "Bila ini adalah hari terakhir saya, apakah saya ingin melakukan apa yang saya tentang untuk lakukan hari ini? " Dan setiap kali jawabannya selalu "tidak" terlalu banyak hari berturut-turut, saya tahu saya perlu mengubah sesuatu.

Mengingat bahwa saya akan segera mati adalah alat yang paling penting yang pernah saya temukan untuk membantu membuat keputusan besar dalam hidup. Karena hampir segala sesuatu - semua harapan eksternal, kebanggaan, takut malu atau gagal - hal-hal ini hanya jatuh lagi bermanfaat saat menghadapi kematian, meninggalkan hanya apa yang benar-benar penting.Mengingat bahwa Anda akan mati adalah cara terbaik yang saya tahu untuk menghindari jebakan berpikir Anda harus kehilangan sesuatu. Anda sudah telanjang. Tidak ada alasan untuk tidak mengikuti kata hati Anda.

Sekitar setahun yang lalu saya didiagnosis mengidap kanker. Saya menjalani scan pukul 7:30 pagi dan hasilnya jelas menunjukkan saya memiliki tumor pankreas. Aku bahkan tidak tahu apa sebuah pankreas. Para dokter mengatakan kepada saya bahwa hampir pasti jenisnya adalah kanker yang dapat disembuhkan, dan bahwa saya harus mengharapkan hidup tidak lebih dari tiga sampai enam bulan. Dokter menyarankan saya pulang ke rumah dan membereskan urusan saya dalam rangka, yang merupakan kode dokter untuk mempersiapkan kematian. Ini berarti untuk mencoba memberitahu semua anak-anak Anda yang Anda pikir Anda akan memiliki 10 tahun ke depan untuk memberitahu mereka hanya dalam beberapa bulan. Ini berarti untuk memastikan segalanya diatur sehingga akan semudah mungkin bagi keluarga Anda. Ini berarti untuk mengucapkan selamat tinggal.

Aku hidup dengan diagnosa itu sepanjang hari. Malam itu aku telah biopsi, di mana mereka terjebak endoskopi ke tenggorokan saya, melalui perut saya dan ke dalam usus saya, menaruh jarum ke pankreas saya dan mendapat beberapa sel dari tumor. Saya dibius, namun istri saya, yang ada di sana, mengatakan bahwa ketika melihat selnya di bawah mikroskop, para dokter mulai menangis karena ternyata menjadi bentuk yang sangat jarang dari kanker pankreas yang dapat disembuhkan dengan operasi. Saya dioperasi dan saya baik-baik saja sekarang.

Ini adalah terdekat saya dengan kematian, dan saya berharap itu yang paling dekat saya dapatkan untuk beberapa dekade lagi. Setelah melalui pengalaman tersebut, sekarang saya bisa mengatakan ini dengan yakin kepada Anda sedikit lebih daripada ketika kematian adalah konsep yang berguna namun murni intelektual:

Tidak ada yang ingin mati. Bahkan orang yang ingin masuk surga pun tidak ingin mati dulu untuk mencapainya. Namun kematian adalah tujuan kita semua. Tidak ada yang bisa mengelak. Dan, memang harus demikian, karena kematian adalah buah terbaik dari kehidupan. Ini adalah agen perubahan Kehidupan. Ini membersihkan keluar yang lama untuk membuat jalan bagi yang baru.Sekarang yang baru adalah Anda, tapi suatu hari tidak terlalu lama dari sekarang, Anda secara bertahap akan menjadi tua dan dibersihkan. Maaf bila terlalu dramatis, tetapi sangat benar.

Waktu Anda terbatas, jadi jangan sia-siakan hidup orang lain. Jangan terperangkap dengan dogma - yaitu hidup dengan hasil pemikiran orang lain. Jangan biarkan suara pendapat orang lain menenggelamkan suara batin Anda sendiri. Dan yang paling penting, miliki keberanian untuk mengikuti hati dan intuisi. Entah bagaimana mereka sudah tahu apa yang Anda benar-benar ingin menjadi. Segala sesuatu yang lain adalah sekunder.

Ketika saya masih muda, ada sebuah publikasi yang luar biasa disebut The Whole Earth Catalog , yang merupakan salah satu dari Alkitab dari generasi saya. Buku itu diciptakan oleh seorang bernama Stewart Brand yang tinggal tidak jauh dari sini di Menlo Park, dan dia membuatnya sedemikian menarik dengan sentuhan puitisnya. Ini adalah akhir 1960-an, sebelum era komputer dan desktop publishing, jadi semuanya dibuat dengan mesin tik, gunting, dan kamera polaroid.Itu seperti Google dalam bentuk kertas, 35 tahun sebelum kelahiran Google: isinya idealis, dan penuh dengan alat-alat rapi dan ungkapan-ungkapan hebat.

Stewart dan timnya sempat menerbitkan beberapa edisi The Whole Earth Catalog , dan ketika mencapai titik ajalnya, mereka membuat edisi terakhir. Saat itu pertengahan 1970-an, dan saya masih seusia Anda. Di sampul belakang edisi terakhir itu ada satu foto jalan pedesaan di pagi hari, jenis yang mungkin menemukan diri Anda lalui jika suka bertualang Anda. Di bawahnya ada kata-kata: "Tetap Lapar Tetap Tolol.." Itu adalah pesan perpisahan mereka ketika mereka ditandatangani. Stay Hungry. Tetap Bodoh. Dan aku selalu mengharapkan diri saya begitu. Dan sekarang, karena Anda akan lulus untuk memulai kehidupan baru, saya harapkan Anda.

Tetap Lapar. Tetap Bodoh.

Terima kasih semua sangat banyak.

http://www.youtube.com/watch?v=UF8uR6Z6KLc

0 comments:

Post a Comment

sabar ya, komentar anda akan kami moderasi terlebih dahulu. laporkan kepada kami apabila ada post yang masih berbentuk kiri ke kanan. nuhun