Tuesday, November 15, 2011

Peneliti Temukan Wujud Baru dari Air

BOSTON - Selain berwujud uap, es, dan cair, kemungkinan masih ada wujud air yang ke 4. Wujud air ini memiliki suhu minus 54 derajat Farenheit.

Zat cair biasanya membeku jadi es pada suhu 32 derajat Farenheit, tapi dalam kondisi yang tepat, misalnya dalam tekanan tinggi di dasar laut, air tetap berwujud cair meskipun suhunya lebih rendah dari 32 derajat Farenheit.

Ada kemungkinan wujud ke 4 air ini berupa zat cair yang memiliki karakter es sekaligus karakter zat cair umumnya. Namun, perlengkapan laboratorium saat ini tidak cukup sensitif untuk mengamati perubahan wujud zat cair normal ke wujud ke 4. Demikian dilansir melalui Discovery, Sabtu (12/11/2011).

H. Eugene Stanley dan Pradeep Kumar melaporkan penemuan ini dalam Journal of Physical Chemistry. Mereka menggunakan simulasi komputer untuk membuat model zat cair yang sukar dipahami tersebut. Mereka menemukan bahwa pada suhu di bawah 54 derajat Farenheit, struktur air berubah serupa struktur es. Sementara perubahan dalam strukturnya terus berlangsung, air tetap dalam wujud cairnya.

Anehnya, pada suhu ini air menjadi lebih mudah menghantarkan panas, kebalikan dari sifat air dan es pada umumnya. Perilaku air yang aneh inilah yang menggerakkan gagasan Stanley dan Kumar tentang keberadaan wujud ke 4 air.

Yoga Hastyadi Widiartanto - Okezone

0 comments:

Post a Comment

sabar ya, komentar anda akan kami moderasi terlebih dahulu. laporkan kepada kami apabila ada post yang masih berbentuk kiri ke kanan. nuhun