Monday, November 14, 2011

Memahami riba perbankan, pintu masuk untuk memahami kenapa Bank Syariah riba

Kalau Anda senang menambah pengetahuan dan terbuka terhadap sesuatu hal yang baru serta tertarik dalam bidang ekonomi, bahasan di bawah ini mungkin bisa menambah wawasan, Insya Allah.

Sebelum mulai membaca/melihat kumpulan kompilasi artikel/buku/video berikut ini. Lebih baik jernihkan pikiran Anda semua dari prasangka2 jelek dan niatkanlah untuk mencari/menambah ilmu yang barangkali tidak akan pernah kita dapatkan dari bangku sekolah, kuliah, berita di koran, pemerintah, dan sumber2 "standar" lainnya. Pada awalnya, saya pun rada kaget dan sedikit shock bahwa info2 dibawah ini tidak pernah saya dapatkan sebelumnya dari media biasa. Alhamdulillah ada internet perpustakaan umum terbesar di dunia.

Hidup kita di zaman ini tidak bisa lepas dari perbankan dan uang kertas. Dua hal tersebut saling berkaitan dan menyokong. Perbankan bagaikan jantung dan uang kertas adalah darah-nya. Satu sama lain tidak dapat berdiri sendiri. Pertanyaan sederhananya, tahukah Anda sebenarnya apa sebenarnya yang dilakukan oleh perbankan? Sehingga ada yang mengatakan perbankan adalah lembaga riba? Sebagian besar umat islam sekarang barangkali hanya tahu bahwa riba = bunga, titik. Dari pondasi inilah, muncul bank Islam/Syariah, yaitu Bank tanpa bunga = bank tanpa riba.

Sayangnya, bukan sekedar masalah "bunga" yang menjadi masalah dalam kegiatan perbankan. Bahkan seluruh isi kegiatan inti perbankan itu sendiri adalah RIBA dan penipuan. Kaget? Sama. Saya juga begitu dulu. Alhamdulillah sekarang sudah tahu. namun tidak cukup sampai di sini. Pada awalnya (sebelum memahami seluk beluk bank, kecuali riba bunga), saya pun mengakui bahwa Bank Islam adalah sebuah solusi. Namun setelah memahami isi perbankan dan membandingkannya dgn bank islam, ternyata apa yang dilakukan sama saja. Bahkan mungkin lebih parah karena dgn adanya bank islam pintu riba terbuka dengan sangat lebar tanpa umat islam menyadarinya.

Untuk memahami mengapa bank islam di sebut riba, kita perlu benar2 memahami bagaimana Bank bekerja. Sebab kalau kita cuman memahami riba bank adalah "bunga" semata, memang sangat sulit menyadari riba-perbankan islam. Tidak terlihat adanya kesalahan di sana. Sebab konsep utama bank islam adalah "bank tanpa bunga". Sebaliknya, kalau kita berhasil memahami cara kerja perbankan, dengan mudah dapat kita pahami bahwa bank konvensional dan bank islam secara umum sama sekali tidak berbeda. Hanya mengganti label (merek dagang). Kita dapat melakukan komparasi terhadap apa yg dilakukan bank konvensional dan apa yang dilakukan bank islam.

Ok. prolognya cukup.

Hal-hal yang menyebabkan perbankan adalah lembaga riba yang harus kita perangi:

1. Perbankan adalah pencipta uang kertas riba.

Baru dengar bahwa uang kertas adalah RIBA? kalau Anda kaget atau shock, tidak apa2. Itu reaksi wajar. Yang harus dipertanyakan adalah setelah kaget, apa yg Anda lakukan? Apakah: 1) mengabaikan info tsb; 2) berusaha menggali lebih dalam. Kalau pilihan 1 yg Anda pilih, tidak usah lanjutkan membaca karena percuma saja. Sebaliknya kalau Anda tertarik, silakan baca sumber2 berikut ini:

Sejarah singkat uang kertas bisa dibaca di sini:

http://wakalasauqi.blogspot.com/2008...-kertas-1.html
http://wakalasauqi.blogspot.com/2008...-kertas-2.html

Fatwa terhadap uang kertas:

http://www.shaykhabdalqadir.com/cont..._04112004.html

dan terjemahannya:

http://islamhariini.org/muamalat/muaAR02.htm

Ingin melihat uang kertas dan perbankan dari sisi film dokumenter?
Download saja video "The Money Masters". http://www.themoneymasters.com
Video 2 sesi, toal 3 jam-an yang menceritakan ttg sejarah uang kertas dan perbankan. Tapi cukup besar, 1.5GB. Cari di google pakai torrent.

Beberapa buku sederhana berbahasa indonesia yang bisa dibaca sebagai "pengantar" adalah:
- Kembali Ke Dinar
- Satanic Finance
- Apa yg Dilakukan Pemerintah Terhadap Uang Kita?

Gerakan di USA yg "menandingi uang fiat dollar"

http://www.libertydollar.org

Zaman ini, Bank Sentral lah yang menerbitkan uang kertas. Uang2 riba tersebut diedarkan melalui bank-bank lain yang berada di bawah bank sentral. Selain riba, salah satu kejahatan lainnya adalah MONOPOLI penciptaan uang kertas.


2. Sistem Fractional Reserve. menciptakan uang dari kehampaan (creating money out of thin air). Lebih jahat dari uang kertas karena kalau uang kertas, paling tidak masih ada fisiknya, kalau ini, benar2 tidak ada fisiknya, hanya berupa angka-angka di komputer.

Inti dari sistem ini adalah:
- Semakin banyak kita menabung di bank, semakin banyak uang beredar (inflasi)
- Semakin banyak kita berhutang bank, semakin banyak uang beredar (inflasi)
10.000.000 rupiah yang kita tabung/pinjam bisa menghasilkan (katakanlah) 100.000.000 rupiah. Efek utamanya adalah INFLASI.

Untuk memahami apa sebenarnya sistem ini, silakan baca artikel terjemahan sederhana berikut :

http://wakalasauqi.blogspot.com/2008...an-krisis.html

Di internet juga banyak berbagai sumber yang menerangkan tentang Fractional Reserve Banking. Tinggal tanya ke google.
namun, beberapa sumber berikut bisa dijadikan referensi dasar:

Video "Money as Debt". menceritakan ttg Uang sebagai Hutang. 300MB-an. Google and torrent.
http://www.moneyasdebt.net

3. Bunga pinjaman riba. Sepertinya tidak perlu dibahas.

4. Penipuan perbankan ttg "status" tabungan.
Ada yg menyatakan "pahami fungsi perbankan sebagai lembaga INTERMEDIASI". Mohon maaf sebelumnya, sekali lagi saya pakai analogi zina. Pernah dengar istilah "*******" dan "PSK"? Apa beda di antara keduanya? SAMA SAJA orangnya. Bedanya hanyalah "PSK" merupakan istilah untuk memperhalus ungkapan "*******". Demikian halnya dengan istilah "lembaga intermediasi". Itu hanyalah istilah untuk mengaburkan "penipuan perbankan terhadap tabungan nasabah". Maaf, bukan berarti yg mencetuskan istilah tsb lah (di forum ini) yg dianggap mengaburkan hal sebenarnya. Bukan begitu dan jangan salah tanggap. Maksudnya adalah, pemahaman masyarakat awam dikaburkan dengan istilah "lembaga intermediasi", istilah yg (mungkin) diciptakan oleh para bankir demi menyembunyikan kejadian sebenarnya.

Apa yg sebenarnya terjadi?
- Nasabah menitipkan uangnya. PERJANJIANNYA ADALAH TITIPAN/TABUNGAN.
- Bank BERJANJI bahwa uang nasabah dapat diambil kapan saja (waktu kerja, untuk menyederhanakan masalah, anggaplah tabungan biasa)
- Bank menggunakan uang nasabah untuk menjalankan bisnisnya (PADAHAL ITU UANG TITIPAN)
- Akibat sistem fractional reserve, SEBAGIAN BESAR nasabah TIDAK AKAN PERNAH dapat memperoleh uangnya kembali karena memang uangnya secara fisik sudah tidak ada. Dengan perlindungan Bank Sentral, apabila terjadi rush perbankan, bank sentral akan menciptakan uang kertas baru sebanyak yang diminta oleh nasabah. Akibatnya, inflasi menggila kembali. Contoh paling gress adalah BLBI.

Secara konsep, hal di atas tidak ada bedanya dengan PENIPUAN dan PENCURIAN. Namun dengan istilah "lembaga intermediasi", kegiatan jahat tersebut dikaburkan sedemikian rupa sehingga masyarakat tidak menyadarinya.

Mungkin ada yg bertanya "apa salahnya?" Tidak ada salahnya kalau bank secara jujur berkata ke nasabah: "Pak, uang titipan Anda kami pakai dan dengan sistem kami, kalau sebagian besar nasabah secara bersamaan mengambil uangnya, kemungkinan besar uang bapak tidak akann bisa kami kembalikan. Itu resikonya. Masih mau menabung di sini Pak?". Masalahnya masyarakat awam tidak tahu hal tersebut dan tidak pernah diceritakan.

Buku bagus ini bisa dijadikan acuan dasar tentang seluk beluk sistem perbankan:
http://www.mises.org/Books/mysteryofbanking.pdf

Sebagai bahan bacaan lanjut, Ilusi Demokrasi dari Zaim Saidi bisa dijadikan referensi berikutnya. Hanya saja, buku ini cukup "berat" yang mensyaratkan Anda harus benar2 paham dulu terhadap poin2 di atas kalau tidak dijamin "pusing". Namun, buku ini membuka "jendela" baru yang lebih dalam mengenai hubungan perbankan dan negara demokrasi. Sebuah kenyataan lain yang mungkin lebih pahit dari sistem perbankan itu sendiri. Bahasannya relatif akan sulit kalau kita tidak bisa "menerima" kenyataan dan pemahaman tentang kejahatan perbankan dan uang kertas.

Apabila poin2 di atas bisa dipahami dengan baik. Tidak sulit untuk melihat bahwa kita tidak butuh perbankan dan uang kertas.

Daftar referensi di atas mungkin hanya sekedar referensi awal. Apabila tertarik, referensi2 terkait dapat diperoleh lebih banyak di internet asalkan mau mencari dan mempelajarinya.

sumber : forum.detik.com

0 comments:

Post a Comment

sabar ya, komentar anda akan kami moderasi terlebih dahulu. laporkan kepada kami apabila ada post yang masih berbentuk kiri ke kanan. nuhun