Wednesday, November 2, 2011

Pemakaian Pestisida Sebabkan Parkinson

PENGGUNAAN pestisida yang tidak terkendali memang dikhawatirkan dapat menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan dan kesehatan manusia. Salah satu kekhawatiran yang mengemuka adalah pemakaian pestisida ternyata dapat meningkatkan risiko seseorang mengidap penyakit Parkinson.

Dugaan kuat akan adanya kaitan risiko penyakit syaraf dengan zat kimia pemberantas hama tersebut muncul lewat hasil penelitian yang dipublikasikan jurnal BMC Neurology belum lama ini.

Penelitian terhadap 600 partisipan di Amerika Serikat menemukan bahwa mereka yang terpapar kandungan kimia dalam pestisida berisiko 1,6 kali mengidap penyakit Parkinson ketimbang yang tidak terkena pestisida.

Para ahli mengatakan temuan ini mengindikasikan bahwa pestisida kini memegang peran penting sebagai penyebab penyakit walaupu dipengaruhi oleh kombinasi banyak faktor.

Parkinson, yang biasanya timbul pada pasien usia lanjut, dapat mempengaruhi dan mengganggu kemampua motorik serta berbicara. Faktor genetika sejak lama dipercaya memberi kontribusi penting akan timbulnya penyakit ini.

Penggunaan pestisida
Kaitan antara Parkinson dengan penggunaan pestisida belum lama ini terungkap lewat riset yang dilakukan tim ahli dari Duke University, Miami University dan Udall Parkinson Disease Research Center of Exellence.

Sekitar 319 pasien pengidap Parkinson direkrut untuk ditanyai mengenai penggunaan pestisida dan jawaban mereka dibandingkan dengan 200 orang anggota keluarga serta partisipan lain yang tidak mengalami penyakit ini.

Individu-individu yang memiliki hubungan dengan penggunaan pestisida dipilih dan dianalisis. Mereka yang terpilih menceritakan latar belakang lingkungan serta faktor genetika dengan tujuan untuk mengisolasi dampak pestisida.

Hasil analisis mengindikasikan, mereka yang terpapar pestisida berisiko hingga 1,6 kali lebih besar mengalami Parkinson. Penggunaan pestisida berlebihan atau yang diklasifikasikan lebih dari 200 hari terpapar pestisida sepanjang hidup, tercatat memiliki risiko dua kali lipat.

Dalam penelitian ini juga diungkapkan bahwa herbisida dan insektsida adalah jenis pestisida yang sangat berpengaruh dalam meningkatkan risiko Parkinson.

sumber : kompas

0 comments:

Post a Comment

sabar ya, komentar anda akan kami moderasi terlebih dahulu. laporkan kepada kami apabila ada post yang masih berbentuk kiri ke kanan. nuhun