Thursday, November 3, 2011

Remaja Minum Alkohol Berisiko Kanker Payudara

INILAH.COM, Jakarta - Gadis remaja yang meminum minuman beralkohol mungkin memiliki kaitan dengan kanker payudara dalam hidup mereka belakangan.

USA Today mengutip hasil penelitian paling akhir yang disiarkan secara online di jurnal Pediatrics, pekan lalu.

Studi itu mensurvei 6.899 perempuan yang telah menjadi peserta ketika mereka berusia 9-15 tahun.

Penelitian itu mendapati anak perempuan yang meminum paling banyak alkohol selama masa remaja mereka menghadapi kemungkinan lima kali lebih besar terserang benign breast disease (BBD) saat mereka memasuki usia dewasa muda dibandingkan dengan mereka yang tak pernah minum atau meminum sedikitnya satu kali dalam sepekan.

BBD berarti gangguan payudara yang bukan disebabkan oleh kanker dan biasanya tak mengancam jiwa.

Sementara itu BBD diketahui mendorong risiko kanker payudara. "Studi kami menunjukkan bahwa remaja yang meminum minuman beralkohol meningkatkan risiko serangan kanker payudara, baik pada semua perempuan maupun pada mereka yang terus mengembangkan BBD, tapi penelusuran lebih lama tentu saja diperlukan untuk mengkonfirmasi itu," kata Berkey.

Masa remaja adalah masa kritis bagi seseorang yang berpotensi mengidap kanker, kata Berkey, karena kelenjar payudara mengalami pertumbuhan cepat selama masa itu.

0 comments:

Post a Comment

sabar ya, komentar anda akan kami moderasi terlebih dahulu. laporkan kepada kami apabila ada post yang masih berbentuk kiri ke kanan. nuhun