Thursday, November 3, 2011

KTT Anti Rokok Desak RI Perbaiki Regulasi dan Ajak Musisi Boikot Sponsor Rokok


Jakarta - KTT Asosiasi Pengendalian Tembakau Asia Pasifik (The Asia Pacific Association for the Control of Tobacco/APACT) yang digelar di Sydney, Australia, mendesak Indonesia meregulasi industri tembakaunya dan menyerukan para musisi untuk memboikot acara-acara yang disponsori perusahaan rokok.

APACT juga mengecam band-band musik internasional, termasuk band Australia Wolfmother dan The Vines, karena hadir di festival musik di Jakarta akhir pekan ini yang disponsori oleh Gudang Garam..

"Iklan tembakau dan kegiatan promosi di Indonesia tidak ada tandingannya di tempat lain di Asia," demikian resolusi APACT yang dirilis Sabtu (9/10/2010), seperti dilansir AFP.

Disebutkannya, sejumlah grup musik rokok dari negara Barat seperti AS, Inggris dan Australia, yang tidak mengizinkan sponsor rokok dalam konser mereka di negaranya sendiri atau pun negara lain di dunia, tampil di Indonesia di bawah brand rokok.

"Band-band ini mengabaikan protes internasional tentang standar ganda mereka," kecam APACT.

KTT APACT ini dihadiri 700 delegasi dari 41 negara. Mereka membuat imbauan penting agar Indonesia meneken Kerangka Kerja Konvensi Pengendalian Tembakau yang dirilis WHO dan melarang iklan dan sponsorship dari perusahaan tembakau.

KTT APACT juga menyerukan "semua artis dan atlet internasional di Indonesia untuk menolak sponsor perusahaan tembakau pada konser dan kegiatan mereka" dan menolak berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yang mempromosikan merokok.

APACT juga mendesak Wolfmother dan The Vines membuat pernyataan publik "bahwa mereka tidak akan mendukung sponsorship dari perusahaan tembakau dan tidak mendorong merokok dan mengecam distribusi rokok gratis di konser-konser."

Wolfmother telah merespons kritik tersebut di websitenya, mereka menyatakan tidak mendukung atau mengecam para sponsor"dan akan tetap bermain untuk fans mereka yang telah membayar.

Indonesia mengantongi miliaran dolar setahun dalam bentuk pajak dari perusahaan-perusahaan rokok, yang memperkerjakan jutaan orang di seantero negeri.

APACT menuturkan, di Indonesia lebih 200 ribu orang tewas setiapa tahun akibat penyakit yang berkaitan dengan rokok. Diperkirakan 60 persen pria di Indonesia merokok dan tren anak-anak yang meniru kebiasaan tak sehat ini semakin meningkat.

Konser musik di Jakarta yang disponsori Gudang Garam adalah Java Rockin' Land 2010. Konser akbar yang akan diselenggarakan untuk tahun keduanya itu diisi penampilan nama-nama besar seperti The Smashing Pumpkins, Arkarna, Stereophonic, Stryper, Dashboard Confessional, Wolfmother, The Vines dan banyak lagi. Aktivis anti-tembakau dan ahli kesehatan internasional dari negara masing-masing meminta mereka mundur karena acara tersebut disponsori produsen rokok Gudang Garam.

Band-band yang mendapat teguran tetap berkomitmen untuk pentas dalam konser yang digelar pada 8-10 Oktober 2010 di Pantai Karnaval Ancol, Jakarta Utara.

"Ada beberapa band yang cerita ke kita soal ini, tapi itu tidak mengubah kerjasama kita. Memang mengganggu, tapi tidak mengubah pendirian juga komitmen mereka kepada kita," ujar Stage Manager Java Rockin' Land 2010 Eki Purwadiredja kepada detikhot saat ditemui di Hard Rock Cafe, EX Plaza, Jakarta Pusat, Selasa (5/12/2010).

Nurul Hidayati - detikNews





*otak manusia selalu dipenuhi oleh berbagai macam hal atau usaha bagaimana menyenangkan diri sendiri, dan mungkin untuk mencapai hal itu akan digunakan berbagai macam cara, baik cara menurutnya benar ataupun kalau perlu menggunakan cara yang sebetulnya ia mengetahui persis bahwa cara itu salah. Semua cara akan dibungkus oleh pembenaran – pembenaran yang dibuat sedemikian rupa agar bisa diterima oleh orang lain. Cara seperti ini akan secara turun temurun diturunkan, sehingga akan menjadi semacam budaya yang akan dianggap benar oleh keturunannya.

Contoh yang paling mudah di zaman sekarang adalah soal MEROKOK. Dorongan untuk MEROKOK sangat kuat karena diajarkan oleh lingkungan dan pergaulan, dan ketika sudah memulai, maka akan sangat sulit untuk menghentikannya.

Di dalam rokok ada zat-zat berbahaya yang membuat pemakainya menjadi merasa enak dan membuatnya ketagihan. Padahal semua perokok tahu persis, bahwa yang dilakukannya itu salah, dan rokok mengandung berbagai macam zat berbahaya yang akan merusaknya dalam waktu tidak seketika seperti KANKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI, GANGGUAN KEHAMILAN dan GANGGUAN PADA JANIN.

Bahkan yang sebetulnya paling dirugikan adalah para perokok pasif. Mereka yang tidak merokok akan menghisap asap rokok dari hidung dan langsung ke paru-paru, dan itu secara lambat laun akan merusak kesehatan mereka, terutama pada anak-anak. Akan tetapi para perokok itu sama sekali tidak perduli, kesehatan mereka saja tidak diperdulikan, apalagi kesehatan orang lain.

Hanya satu dipikiran mereka , bagaimana caranya supaya enak. Berbagai macam pembenaran dilakukan seperti merokok itu gaul, merokok itu berselera tinggi dan elite, merokok itu membantu mereka yang bekerja di pabrik rokok, merokok itu menjernihkan pikiran, dan berbagai macam alasan menyedihkan lainnya. Padahal apabila menjawab dengan jujur, mereka akan berkata bahwa ROKOK ITU ADALAH RACUN*.

*Bahan dasar dari rokok adalah Tembakau. Bangsa ATLANTIS dahulu mengembangkan sebuah tanaman bernama UMBAKA yang merupakan singkatan dari UDERHA MONGULATUS BRODEA AGRETUS KEKRIVEROS AMATHEADUS atau diterjemahkan dengan UDARA MENGOTORI BADAN UNTUK MENG-AGRESI KEPALA DAN OTAK AGAR HILANG AMANAH DAN PIKIRAN.

UMBAKA ini atau yang sekarang dikenal sebagai Tembakau, memang dirancang agar manusia yang menghisapnya menjadi ketagihan, dengan demikian mutu darahnya menjadi tidak bagus, otomatis akan menambah jumlah KLAD di badan, sehingga kemampuan akan menjadi turun secara drastis. Pola pikir mereka menjadi terbatas, tidak akan mampu membaca alam secara baik dan benar.

Begitupun perokok pasif, mereka akan bernasib sama, bahkan lebih parah karena menghisap dari hidung. Hal itu sudah diperhitungkan oleh Bangsa pengembang agar hanya Bangsa mereka lah yang maju, dan bangsa lain hanya sebagai buruh-buruh dan robot-robot mereka. Terbukti, sekarang usaha mereka berhasil. Mereka berhasil mengembangkan UMBAKA ini ke seluruh dunia, dan berhasil pula menguasai dunia.

Pelajaran untuk menyenangkan diri sendiri ini sudah sangat mengakar di masyarakat zaman sekarang.

Rasulullah saw. bersabda, "Tidak boleh (menimbulkan) bahaya dan tidak boleh pula membahayakan orang lain." (HR. Ibnu Majah dari kitab Al-Ahkam 2340).
Allah SWT Berfirman , “Dihalalkan atas mereka apa-apa yang baik, dan diharamkan atas mereka apa-apa yang buruk .” (al-A’raf: 157).
"Dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri dalam kebinasaan." (Al-Baqarah: 195)
"Dan janganlah kamu membunuh dirimu sendiri. Sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepada mu." An-Nisa: 29

0 comments:

Post a Comment

sabar ya, komentar anda akan kami moderasi terlebih dahulu. laporkan kepada kami apabila ada post yang masih berbentuk kiri ke kanan. nuhun