Thursday, November 3, 2011

Ulat Menimbun Lemak Dalam Kepompong


Bukannya tidur, serangga aktif melakukan metabolisme selama bertransformasi menjadi kupu-kupu dalam kepompong.

Metamorfosis sempurna dari telur menjadi ulat, kepompong, hingga kupu-kpu dewasa adalah fenomena alam yang luar biasa. Apa yang terjadi di dalam kepompong saat ulat berubah menjadi kupu-kupu masih menjadi rahasia alam sampai sekarang.

Hasil penelitian terbaru menunjukkan bahwa serangga tersebut membakar banyak sekali lemak selama masa hibernasi (tidurnya) dalam kepompong. Proses transformasi dari ulat menjadi kupu-kupu yang cantik melibatkan perubahan kimiawi besar-besaran. Hal tersebut tentu membutuhkan pasokan energi yang juga besar. Salah satu sumber energi yang mungkin diharapkan adalah timbunan lemak di tubuhnya.

"Ia seolah-olah tidur dan kelihatannya hanya sedikit energi yang dibutuhkan selama hibernasi," kata William Connor dari Universitas Kesehatan dan Sains Oregon. Padahal, justru sebaliknya karena proses metabolisme tubuh sangat aktif selama kupu-kupu masih di dalam kepompong.
Para peneliti menganalisis jumlah makanan yang dikonsumsi kupu-kupu dari spesies Morpho peleidas di Belize, Amerika Tengah selama dalam kepompong. Mereka juga mempelajari komposisi serta kandungan lemak pada makanan dan tubuh ulat maupun kupu-kupu yang baru keluar dari kepompong.

Makanan dan jaringan tubuh ulat maupun kupu-kupu yang telah terbentu sempurna sama-sama mengandung asam lemak tak jenuh berkonsentarasi tinggi. Meskipun demikian, kandungannya pada tubuh ulat tiga kali lebih besar daripada pada tubuh kupu-kupu.

"Lemak berperan sebagai salah satu unsur pembentuk substansi lainnya yang penting bagi tubuh, baik bagi ulat maupun kupu-kupu, khususnya selama proses metamorfosis," kata Connor. Hasil penelitian tersebut dipublikasikan dalam Journal of Lipid Research.

Sumber: LiveScience.com
Penulis: Wah

0 comments:

Post a Comment

sabar ya, komentar anda akan kami moderasi terlebih dahulu. laporkan kepada kami apabila ada post yang masih berbentuk kiri ke kanan. nuhun