Thursday, November 10, 2011

Karbondioksida Tinggi Dalam Darah Bisa Picu Mati Suri

Slovenia, Pengalaman mati suri atau mendekati kematian seringkali dirasakan oleh seseorang yang sedang mengalami koma. Fenomena tersebut kemungkinan disebabkan oleh tingginya kadar karbondioksida.

Pengalaman mendekati kematian (near death experiences/NDEs) biasanya ditandai dengan adanya sensasi perjalanan ke kehidupan di depan mata, perasaan damai dan sukacita serta terjadinya pertemuan yang nyata dengan hal yang mistis.

Studi terbaru mengungkapkan mati suri kemungkinan disebabkan meningkatnya kadar karbondioksida dalam darah orang tersebut. Penelitian dilakukan terhadap 52 pasien yang mengalami serangan jantung. Hasil penelitian dipublikasikan dalam jurnal Critical Care investigated.

Zalika Klemenc Ketis bekerja sama dengan tim peneliti dari University of Maribor, Slovenia untuk menyelidiki dan memeriksa pasien yang melaporkan mengalami pengalaman mendekati kematian.

"Beberapa teori memang menjelaskan mengenai mekanisme mati suri yang ada. Tapi kami menemukan bahwa pasien yang mengalami fenomena tersebut diakibatkan tingkat kadar karbondioksida dalam darah yang secara signifikan lebih tinggi dibandingkan pasien lain yang tidak mengalami fenomena tersebut," ujar Zalika Klemenc Ketis, seperti dikutip dari ScienceDaily, Kamis (8/4/2010).

Dari 52 pasien dalam penelitian ini, hanya 11 pasien mengalami fenomena mati suri. Ternyata fenomena ini tidak berkaitan dengan usia pasien, jenis kelamin, pendidikan, keyakinan agama tertentu, perasan takut akan kematian, jangka waktu pemulihan serta obat-obatan yang diberikan selama proses resusitasi. Fenomena ini lebih sering terjadi pada orang yang sebelumnya pernah mengalami mati suri.

"Hasil penelitian memberikan tambahan informasi baru yang penting mengenai fenomena NDE dan hubungannya dengan kadar karbondioksida yang belum pernah dilaporkan sebelumnya. Karena itu penting untuk dilakukan penelitian lebih lanjut," ungkap Klemenc Ketis.

Mati suri terkait dengan pengalaman pribadi atau kematian yang akan datang. Beberapa orang melihat sekilas pengalaman ini sebagai paranormal atau perjalanan spiritual menuju akhirat.

Fenomena ini meliputi fisiologis, psikologis dan juga beberapa hal yang sulit dipahami. Seringkali seseorang yang telah dinyatakan meninggal secara klinis ternyata bisa kembali bangun, inilah yang dinamakan fenomena mati suri.

Vera Farah Bararah - detikHealth

0 comments:

Post a Comment

sabar ya, komentar anda akan kami moderasi terlebih dahulu. laporkan kepada kami apabila ada post yang masih berbentuk kiri ke kanan. nuhun