Thursday, November 3, 2011

Mengatasi Rambut Rontok Karena Kanker


Jakarta, Pengobatan kemoterapi dan radioterapi pada pasien kanker sering menimbulkan efek samping yang terlihat nyata, seperti rambut rontok, mual dan hilang nafsu makan. Untuk rambut rontok ada beberapa hal yang dapat dilakukan.

Kemoterapi dan radioterapi merupakan pengobatan yang efektif dalam mengatasi kanker dan menghilangkan gejala-gejala kanker. Potensi efek samping hendaknya tidak membatasi pasien untuk mendapatkan pengobatan kembali.

"Efek samping pengobatan kanker berbeda dari satu pasien dengan pasien yang lainnya. Untuk radioterapi misalnya, efek samping akan tergantung dari bagian tubuh mana yang diradiasi," jelas dr Fielda Djuita, Sp.Rad (K).Onk.Rad, Staf Medik Fungsional Instalasi Radioterapi RS Kanker Dharmais, Rabu (22/9/2010).

Tapi, menurut dr Fielda, efek samping yang paling bisa terlihat adalah rambut rontok. Setelah kemoterapi, biasanya rambut akan mulai rontok pada seluruh daerah kepala. Tetapi pada radioterapi, rambut hanya rontok pada daerah yang diradiasi saja.

Rambut yang rontok akan tumbuh lagi pada saat pengobatan telah selesai, tetapi biasanya akan lebih tipis. Berikut beberapa cara untuk mengatasi rambut rontok selama dan setelah pengobatan kanker:

1. Menutup kepala dengan menggunakan gel yang dingin atau menggunakan es selama perawatan
Hal ini untuk mengurangi obat kemoterapi yang diserap oleh kantung-kantung rambut, sehingga mencegah kerusakan kantung rambut dan rambut rontok.

2. Mencukur habis rambut
Dengan mencukur habis, rambut yang rontok akan tumbuh kembali dengan lebih rata setelah pengobatan selesai.

3. Menggunakan penutup kepala
Dengan menggunakan topi, scraf atau penutup kepala lain dapat membuat kepala terlindungi, terutama bila pasien habis menjalani radioterapi di daerah kepala.

4. Mengenakan wig yang lembut
Untuk mengatasi rambut rontok, dapat diatasi dengan mengenakan rambut palsu alias wig. Tapi khusus untuk pasien yang mengalami radioterapi pada daerah kepala, pastikan wig yang digunakan tidak mengiritasi kulit kepala yang baru saja diradiasi, karena bagian tubuh yang baru saja diradiasi akan sangat sensitif.

Selain rambut rontok, efek samping pengobatan kanker yang paling sering terjadi adalah mual dan kurangnya selera makan.

Untuk mengatasinya, ada beberapa yang dapat dilakukan, yaitu:
Makanlah sedikit-sedikit
Makanlah sesering mungkin, porsi kecil dan makanlah pelan-pelan
Hindari makanan terlau berlemak
Minumlah air dingin (suhu ruang) diantara waktu makan
Makanlah makanan yang tidak terlalu berbau dan dapat dihidangkan dalam suhu ruang
Untuk rasa mual yang hebat, cobalah makanan cair seperti jus, makanan yang diblender atau makanan yang mudah diserap seperti roti bakar dan gelatin
Cobalah bernapas panjang dan teknik relaksasi setiap Anda mual

Merry Wahyuningsih - detikHealth

0 comments:

Post a Comment

sabar ya, komentar anda akan kami moderasi terlebih dahulu. laporkan kepada kami apabila ada post yang masih berbentuk kiri ke kanan. nuhun