Tuesday, November 1, 2011

Mengalami Sulit Tidur? Ponsel dan Notebook Mungkin Penyebabnya

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON--Tak bisa lepas dari ponsel atau notebook Anda, bahkan hingga sampai di tempat tidur? Sebaiknya Anda mulai mengurangi kebiasaan tersebut. Tren iPad dan notebook serta gadget lain diam-diam menghadirkan efek yang tak terduga.

Studi Northwestern University mengungkap peralatan teknologi kerap mengeluarkan cahaya terang yang diyakini mempengaruhi otak untuk tetap terjaga sekaligus mengganggu pola tidur penggunannya.Para ahli menyarankan untuk mematikan gadget minimal dua jam sebelum tidur.

Pemimpin riset, Phylllis Zee dari Northwestern, Chicago menyatakan dominasi cahaya biru terang yang pancarkan gadget akan memanipulasi otak untuk berpikir bahwa hari masih siang. Hal itu membuat pengguna terbangun dan meningkatkan resiko sulit tidur atau insomnia.

"Jika Anda menggunakan gagdet tersebut menjelang waktu tidur, cahaya biru yang terpancar akan merangsang otak agar terjaga dan menunda waktu tidur," tukas Zee seperti dikutip dari Dailymail, Senin (17/5).

Menurut Zee, kondisi seperti itu akan mengacaukan ritme tidur dan nantinya terbentuk satu pola pada otak yang menentukan kapan Anda tidur dan terjaga.

Para ahli sepakat tubuh manusia secara alamiah akan mulai beristirahat sekitar pukul 9 atau 10 malam. Namun, lantaran manipulasi waktu yang ditenggarai berasal dari cahaya biru terang layar gadget mengakibatkan tubuh dibuat bingung dan akhirnya, risiko terkena gangguan kesehatan tidak bisa terhindarkan.

Red: Ririn Sjafriani

0 comments:

Post a Comment

sabar ya, komentar anda akan kami moderasi terlebih dahulu. laporkan kepada kami apabila ada post yang masih berbentuk kiri ke kanan. nuhun