Thursday, November 3, 2011

Uji Pengetahuan Anda soal Nutrisi

KOMPAS.com — Anda sebenarnya cukup pintar: tahu jumlah kalori dari makanan yang disantap, rajin memeriksa label nutrisi. Tetapi sudahkah Anda menyantap makanan yang bisa mengurangi berat badan, mengokohkan tulang, dan menjaga jantung? Jawab pertanyaan ini dan lihatlah apakah Anda telah melakukan hal yang terbaik untuk memelihara kesehatan.

1. Manakah makanan yang kalorinya paling rendah di antara sajian yang ada di atas meja ini?
A. Blueberry muffin
B. Butter croissant
C. Cinnamon chip scone

Jawaban: B
Bentuk roti croissant yang kosong di dalam membuat bobot kalori penganan yang satu ini (355 kalori) kalah padat dibandingkan scone (470 kalori) atau muffin (500 kalori). Jika Anda sedang berusaha menurunkan berat badan, menyantap sarapan berasupan tak lebih dari 400 kalori adalah pilihan cerdas. Pilihan yang lebih baik: membawa kudapan sehat untuk dimakan kala menghadiri rapat yang diadakan pada waktu makan, seperti roti gandum beroleskan selai kacang, atau sekantong kacang-kacangan dan sereal gandum kering.

2. Kita bisa menurunkan 2 kg dalam 3 bulan jika mau mengurangi konsumsi kopi favorit berikut ini:
A. Cappuccino ukuran kecil
B. Light frappuccino ukuran kecil
C. Vanilla latte ukuran kecil

Jawaban: C
Dengan kandungan 190 kalori, vanilla latte lebih padat kalori dibandingkan kedua jenis lainnya (masing-masing sekitar 90 kalori). Pangkas 60 kalori berlebih dari minuman favorit ini dengan memilih susu bebas lemak, atau mintalah barista untuk mengurangi jumlah sirupnya.

3. Manakah di antara pilihan keripik berikut yang paling bergizi?
A. Keripik pisang
B. Keripik sayuran
C. Keripik kentang

Jawaban: B
Keripik yang dibuat dari sayuran adalah pilihan terbaik–per sajiannya hanya 150 kalori. Periksa label kemasan sebelum membeli. Waspadai jenis keripik sayuran tak sehat, yang tak murni dibuat dari sayur, karena banyak mengandung tepung dan diberi pewarna makanan. Urutan kedua ditempati keripik kentang, dengan jumlah kalori per satu genggaman tangan sama dengan keripik sayuran. Keripik pisang sebaiknya dihindari, karena satu porsinya mengandung 10 gr lemak, yang hampir semuanya berupa lemak jenuh.

4. Benar atau salah: Kata “organik” dan “alami” pada kemasan produk sebenarnya sama saja artinya.

Jawaban: Salah
Di Amerika Serikat, produk yang ingin mendapat sertifikat “organik” harus memenuhi beberapa kriteria yang disusun ketat. Daging sapi, ayam, atau produk olahannya harus berasal dari binatang yang tak pernah disuntik hormon atau antibiotik. Sedangkan sayuran organik harus ditanam tanpa penyubur tanaman atau pestisida sintetis. Label “alami”, sebaliknya, bisa diperoleh lewat standar yang tidak begitu ketat. Pokoknya, sejauh tak mengandung pengawet sintetis atau pewarna dan perasa buatan. Selebihnya, terserah saja.

5. Kita butuh potasium agar metabolisme selalu tinggi dan otot kuat. Mana dari berikut ini yang berkandungan potasium tertinggi?
A. Satu buah kentang manis panggang ukuran sedang
B. Satu cangkir kopi yogurt bebas lemak
C. Satu buah pisang ukuran sedang

Jawaban: A
Kentang manis panggang ukuran sedang mengandung 542 mg potasium, sementara yogurt 475 mg, dan pisang –yang selama ini sering kita anggap juaranya, hanya 422 mg. Makanan kaya potasium lain yang bisa memenuhi asupan harian (4700 mg) adalah (takaran per cangkir): saus tomat (811 mg), jus jeruk (496 mg), dan melon (427 mg).

6. Daging giling yang paling sehat dan rendah lemak untuk diolah menjadi daging burger adalah:
A. Daging sapi
B. Daging ayam

Jawaban: Keduanya (jika Anda memilih dengan bijak)
Untuk daging sapi, cari yang tanpa lemak, sehingga kandungan lemaknya tidak akan lebih dari 10 gr per 3,5 onsnya. Sebab, beberapa persen di bawahnya saja sudah bisa memberikan perbedaan besar: daging sapi yang berlemak sedikit saja sudah mengandung 18 gr lemak dalam setiap porsinya. Sementara untuk ayam, daging bagian dada lebih baik dibandingkan yang lainnya. Cari yang bebas lemak, sehingga kandungan lemaknya per porsi hanya sekitar 5 gr.

7. Kalsium adalah mineral penting bagi tulang. Makanan mana yang bukan sumber kalsium yang baik?
A. Keju cottage
B. Smoothie yogurt
C. Susu bebas lemak

Jawaban: A
Paduan kalori rendah dan protein tinggi membuat keju cottage makanan bersahabat dengan pinggang. Tetapi, sayangnya, di proses pembuatannya, lebih dari 75 persen kalsium terbuang. Alhasil, setiap setengah cangkir sajian hanya mengandung 70 mg kalsium. Jumlah ini kurang dari setengah yang sebaiknya kita dapat dari susu bebas lemak ukuran sama. Untuk mencukupi asupan kalsium harian (1.000 mg untuk usia di bawah 50 tahun, dan 1.200 mg untuk usia 51 tahun ke atas), pilih makanan berkadar kalsium 20-30 persen dari dosis harian (sekitar 200-300 mg).

8. Tambahan salad mana yang memiliki kandungan kalori paling tinggi?
A. Kacang almond panggang
B. Roti crouton dengan olesan mentega dan bawang putih
C. Ayam goreng tepung

Jawaban: C
Ayam goreng tepung akan menambah 330 kalori dan 17 gr lemak ke hidangan Anda. Pilihlah ayam panggang (150 kalori dan 4 gr lemak) dan potongan jeruk mandarin dan tomat ceri (untuk menambah asupan vitamin). Nikmati ¼ cangkir kacang-kacangan sesekali (meski kalorinya tinggi, makanan ini mengandung lemak baik). Hindari roti crouton dan mi goreng kering (karena keduanya berisi “kalori kosong”).

9. Manakah di antara snack asin di bawah ini yang mengandung paling banyak sodium?
A. Sourdough pretzel
B. 17 potong keripik kentang dengan tambahan garam dan vinegar
C. Seperempat cangkir kacang asin

Jawaban: A
Satu potong sourdough pretzel saja membuat asupan sodium melonjak hingga 500 mg. Sementara, keripik kentang mengandung 380 mg dan kacang-kacangan hanya 115 mg. Makanan bisa disebut rendah sodium jika mengandung kurang dari 140 mg per sajian. Jika Anda belakangan ini mengalami peningkatan tekanan darah, coba hitung lagi asupan sodium sehari-hari. Mengurangi sodium bisa sekaligus menurunkan risiko terhadap penyakit jantung hingga 25 persen, demikian menurut penelitian terakhir yang dimuat di British Medical Journal.

Sumber : Prevention

0 comments:

Post a Comment

sabar ya, komentar anda akan kami moderasi terlebih dahulu. laporkan kepada kami apabila ada post yang masih berbentuk kiri ke kanan. nuhun