Thursday, November 3, 2011

Bangkitnya Cadangan Energi TUbuh


Tanda dari cadangan energy tubuh (tenaga dalam) sudah bangkit / telah diproduksi adalah dengan terasanya semacam hawa yang memancar didalam tubuh, dan ada 2 jenis energy yang timbul tergantung dari pola latihan yang dilatih, bisa energy panas atau energy dingin.

Pertama kali yang paling awal terasa setelah berlatih biasanya badan menjadi hangat keringatan, dan capek, pegal, dan bosan tentunya. Setelah beberapa waktu kita berlatih, badan akan terasa semakin panas, dan berbeda dari sebelumnya yaitu mulai terasa ada semacam hawa panas (atau hawa dingin tergantung dari cara latihannya atau metabolisme tubuh orangnya) yang muncul di tubuh.

Biasanya yang paling sering terasa pertama kali ada di perut bagian bawah atau dari uluhati, mungkin ini sebabnya banyak orang menyangka sumber TD itu dari bawah perut (tantien / solar plexus) / uluhati, padahal bukan, tapi yang benar dari seluruh bagian sel tubuh manusia. Awalnya, hawa panas / dingin itu suka muncul atau hilang, tergantung dari konsentrasi kita, karena hawanya masih kecil. Lalu semakin lama kita berlatih semakin kuat hawa panas itu, dan juga hawa panas ini tidak mengalir jauh / statis.

Hal penting dalam latihan TD, yaitu kita harus konsentrasi yang kuat-kuat untuk merasakan energy kita walau sekecil apapun itu (kalau tidak terasa apa-apa, bayangkan saja dengan konsentrasi, bahwa hawa panas (atau dingin) itu mengalir seperti aliran listrik didalam tubuh, nanti lama-lama hawa panas akan mulai terasa.

Jangan terlalu mementingkan kejangnya, pengejangan hanya untuk membantu saja supaya energy bisa bangkit lebih cepat. Dan salah satu yang penting adalah kalau latihan TD, usahakan waktu menahan napasnya selama mungkin, supaya hawa panasnya bisa bangkit.

Jadi yang penting untuk yang baru belajar tenaga dalam ialah rasakan dulu hawa panasnya, jangan memikirkan yang lain, karena terkadang saya suka mendengar para pelatih mengajarkan kemurid pradasar, ucapan seperti: "putar hawa panasnya diuluhati", "salurin saja TD ke pasien", dll, hal ini tidak salah cuma musti dipikirkan juga apakah murid-murid pradasar itu sudah merasakan hawa panasnya atau belum ? kalau belum, apa yang mau diputar atau disalurin ? karena memutar dan menyalurkan hawa panas bagi yang baru berlatih itu sangat susah !

0 comments:

Post a Comment

sabar ya, komentar anda akan kami moderasi terlebih dahulu. laporkan kepada kami apabila ada post yang masih berbentuk kiri ke kanan. nuhun